alexametrics
Jumat, 17 Sep 2021
radarjombang
Home > Tokoh
icon featured
Tokoh
AKBP Agung Setyo Nugroho

Fokus Kondusifitas dan Penanganan Pandemi Covid-19 di Jombang

27 Juni 2021, 08: 45: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

SIAP: AKBP Agung Setyo Nugroho siap menjaga Kamtibmas dan penanganan pandemi Covid-19.

SIAP: AKBP Agung Setyo Nugroho siap menjaga Kamtibmas dan penanganan pandemi Covid-19.

Share this      

KAPOLRES Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho punya cara sendiri dalam menjalankan tugasnya. Selain fokus melakukan tugas pokok fungsi sebagai pengayom dan penjaga keamanan, ia terus mengawal penanganan pandemi Covid-19 di Jombang.

“Sebagai polisi, tentu tupoksinya adalah menjaga Kamtibmas, harus aman secara umum, tetap kondusif. Tapi yang juga tidak kalah pentingnya, menekan angka Covid-19 khususnya di Jombang,” ucapnya kepada Jawa Pos Radar Jombang, kemarin (26/6).

Selama menjabat Kapolres Jombang Mei 2020 lalu, Agung menyebut kondisi Jombang cenderung landai. Situasi kemananan bisa sangat dijaga dengan baik meskipun jumlah penduduk besar dan heterogen. “Jombang ini kondusif, kesadaran hukumnya sangat tinggi. Meskipun jumlah penduduknya besar, kerjasama kamtibmas masih sangat bagus,” lanjut pria kelahiran Nganjuk, 19 Januari 1980 ini.

Baca juga: Tanggul Kritis Sungai Konto Sebatas Dipasang Bronjong

Jelang Hari Bhayangkara ke-75 pada 1 Juli 2021 nanti, ia punya beberapa fokus yang harus dilakukan selain tugas utama. Yakni, berkaitan dengan penanganan pandemi Covid-19. Menurutnya, pandemi sangat berdampak besar pada kehidupan masyarakat, baik secara sosial maupun ekonomi.

Jika tidak ditangani dengan tepat dan cepat, bukan tidak mungkin bisa menganggu kehidupan sosial ekonomi dan berujung pada gangguan Kamtibmas. “Karena kalau angka Covid tidak bisa dikendalikan, ekonomi terganggu. Kalau perekonomian terganggu kan berdampak pada kejahatan, masalah perut soalnya,” imbuh mantan Kasubbag Bagrenmin SSDM Polri ini.

Beberapa instruksi Kapolri berkaitan dengan penanganan pandemi, juga terus dilakukannya. Seperti berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk mulai kembali menerapkan jam malam juga PPKM Mikro. “Penerapan ini penting untuk pencegahan dan penegakan prokes, tapi pelaksanaannya tetap humanis, tidak bisa terlalu kaku, menyesuaikan kondisi,” tambah bapak tiga anak ini.

Selain itu, percepatan vaksinasi juga terus digalakkan. Hingga Sabtu kemarin (26/6), kegiatan vaksinasi terus dilakukannya di beberapa titik. Selain di Pendopo Jombang dan Satlantas Polres Jombang. “Kita kebut vaksinasi, langkah ini penting untuk menurunkan fatalitas dan kematian akibat Covid-19,” beber dia serius.

Agenda lain berkaitan dengan pemberian bantuan kepada warga terdampak. Juga pelaksanaan operasi yustisi hingga penyemprotan massal bersama Pemkab Jombang dan TNI di sejumlah titik. “Jadi tahun ini kita tidak lakukan kegiatan perayaan. Karena ini masa pandemi, sebisa mungkin bersifat kemanusiaan dan bermanfaat bagi masyarakat,” pungkas Agung.

(jo/riz/jif/JPR)

 TOP