alexametrics
Senin, 26 Jul 2021
radarjombang
Home > Jombang Banget
icon featured
Jombang Banget

Vespa VBB 1962 Orisinal Semakin Menarik

20 Juni 2021, 08: 30: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

KLASIK: Vespa VBB produksi 1962 tetap oke meski sudah tua.

KLASIK: Vespa VBB produksi 1962 tetap oke meski sudah tua.

Share this      

VESPA merupakan salah satu merek motor populer di Indonesia. Tidak hanya model baru yang tampil modern, Vespa klasik juga masih memiliki banyak penggemar. Salah satunya motor Vespa VBB.

Vespa VBB diproduksi pada1960 sampai dengan 1965. Didukung dengan mesin kapasitas 150 cc dan mengalami penyempurnaan di bagian karburator dan transmisi dari generasi sebelumnya.

Saat ini untuk menemukan Vespa dengan kondisi masih orisinal cukup sulit, terkecuali di Jombang Kebanyakan Vespa VBB  sudah hasil cat ulang dan restorasi. Kendati beberapa orang tetap lebih memilih menggunakan part-part ory.

Baca juga: Diguyur Hujan, Tembakau Petani Utara Brantas Jombang Layu

Seperti Vespa VBB yang dimiliki Muhamad Yusuf, meski bodinya sudah cat ulang. Namun part-part yang digunakan masih orisinal dari pabrikan. ”Dulu saya belinya pada waktu masih sekolah SMA. Itu masih sangat bahan cat juga banyak yang mengelupas. Tapi untuk lainnya masih orisinal semua,” katanya.

Menurutnya, hal itu sangat wajar karena Vespa milik pria yang kerap disapa Yusuf ini diproduksi sekitar 1962. Sehingga harus diretorasi terutama di bagian cat. ”Pada tahun 2018 itu saya mulai restorasi di bagian cat dengan warna army. Karena sudah banyak yang keropos juga,” bebernya.

Untuk part-part lainnya juga ada sedikit perubahan. Akan tetapi Yusuf tetap menggunakan part keluaraan pabrik. ”Kayak lampu depan itu gantian, tapi saya ganti yang asli karena apabila tidak asli itu biasanya malah tidak pas. Bagian-bagian lainnya juga masih orisinal,” imbuhnya.

Tapi ada juga part-part yang diganti tidak orisinal, seperti kenalpot menggunakan merek Vemsa tampak motor kian sporty namun masih terlihat klasik. Jok menggunakan Denfild. ”Untuk mesin juga masih saya pertahankan menggunakan yang orisinal keluaran pabrik,” terangnya.

(jo/yan/jif/JPR)

 TOP