alexametrics
Senin, 26 Jul 2021
radarjombang
Home > Jombang Banget
icon featured
Jombang Banget

Foto Bersama Polisi Era Belanda, Kini Mapolres Jombang

20 Juni 2021, 08: 15: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

KLASIK: Mbah Prawirodiarjo, salah satu warga Jombang yang menjadi anggota kepolisian di era Belanda. Foto diambil di dekat kebut singkong sekarang Mapolres Jombang.

KLASIK: Mbah Prawirodiarjo, salah satu warga Jombang yang menjadi anggota kepolisian di era Belanda. Foto diambil di dekat kebut singkong sekarang Mapolres Jombang.

Share this      

JOMBANG – Foto lawas menceritakan kondisi yang kini menjadi Mapolres Jombang. Data dihimpun, foto itu milik Mat Besari. Foto bersama polisi di era kolonial Belanda pada 1932.

Ditemui di kediamannya Jalan Pahlawan Nomor 115, Jombang. Mat Besari menceritakan foto lama yang dimiliki merupakan album kenangan keluarga yang notabene juga menjadi keluarga polisi. ”Jadi foto ini kenang-kenangan keluarga, ibu (Sriyatun, Red) saya sendiri yang cerita. Sekarang usianya 94 tahun,” kata Mat kepada Jawa Pos Radar Jombang.

Sepanjang yang dia tahu, foto hitam putih itu diambil pada 1932.  Menceritakan, puluhan orang tengah mengenakan jas rapi disertai penutup blankon. Di tengahnya ada dua orang Belanda. Beberapa di antaranya memegang semacam sovenir. Sementara mereka yang berada di samping berseragam polisi kala itu.

Baca juga: Mengenal Muhammad Nashrulloh Kepala BPKAD Kabupaten Jombang

Mapolres Jombang kini.

Mapolres Jombang kini.

Dari puluhan orang yang ada di dalam foto, satu di antaranya merupakan keluarga dari Mat Besari. ”Satu foto bersama dengan menirnya itu 1932. Dari cerita ibu saya, yang ada di foto adalah bapak dari ibu saya atau Mbah Prawirodiarjo. Saat itu menjadi polisi zaman Belanda. Kebetulan kakek dari ibu juga seorang polisi,” cerita dia.

Posisi Mbah Prawirodiarjo, berada di kiri. Atau berdiri di pinggir salah seorang Belanda. ”Yang berdiri tegap itu,” kata Mat sembari menunjuk foto Mbah Prawirodiarjo.

Dikatakan, berdasar cerita yang didapat, foto itu diambil di area yang kini menjadi Mapolres Jombang.  Lokasinya kini berada di tengah atau di barat lapangan. ”Foto itu sekarang Polres Jombang. Jadi cuma depan saja, lapangan (Mapolres Jombang, Red) itu dulu masih kebun singkong sampai belakang sungai (Kini Saluran Rejoagung 4A, Red),” ujar lelaki yang kini berusia 64 tahun ini.

Dia menambahkan, foto itu diambil kala perayaan ulang tahun Ratu Belanda. ”Jadi waktu ulang tahunnya Ratu Wilhelmina dari Belanda. Setiap tahun dirayakan besar-besaran di semua koloninya, termasuk di Indonesia atau saat itu di Jombang. Mereka yang berada di depan dapat penghargaan, setelah latihan nembak,” kata Mat Besari.

yang bapaknya juga seorang pensiunan Polri  yakni Mat Ranu.

Anak Mat Ranu ini menambahkan, latar belakang foto bersama itu merupakan kebun singkong. ”Jadi dulu waktu latihan nembak di situ. Misal habis latihan itu mandinya ke sungai di belakang,” tutur dia.

Kebun singkong itu lanjut dia, saat ini sudah menjadi lapangan. Berdasar cerita yang didapat, lokasi foto bersama itu kini berada di area lapangan. ”Sekarang jadi tiang bendera. Di belakang foto yang banyak pohon singkong sekarang jadi lapangan,” ulas dia.

Karena kental akan sejarah, dia pun menjaga album foto keluarganya dengan baik. Tak hanya sekedar foto, klise berukuran besar juga disimpan dengan rapi. Itu menjadi salah satu peninggalan keluarga yang tetap terawat. Bahkan, dia sampai mencetak foto itu hingga beberapa kali.

(jo/riz/jif/JPR)

 TOP