alexametrics
Senin, 26 Jul 2021
radarjombang
Home > Hukum
icon featured
Hukum

Polisi Tangkap Spesialis Curanmor Antarkabupaten

16 Juni 2021, 07: 35: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

DILUMPUHKAN: Pelaku curanmor terpaksa dilumpuhkan polisi lantaran melawan saat akan diamankan.

DILUMPUHKAN: Pelaku curanmor terpaksa dilumpuhkan polisi lantaran melawan saat akan diamankan.

Share this      

JOMBANG – Khoirul Rocman, 31, dibekuk jajaran Satreskrim Polres Jombang (12/6). Menyusul aksinya mencuri belasan motor di wilayah Jombang – Mojokerto. Polisi terpaksa melumpuhkan spesialis curanmor ini lantaran melawan saat ditangkap.

”Pelaku kita tangkap di wilayah Mojokerto. Sekarang masih kita dalami pemeriksaan,” terang AKP Teguh Setiawan, kasatreskrim Polres Jombang, Selasa (15/6) kemarin.

Teguh menjelaskan, sebelum tertangkap sepanjang Juni ini saja, Rocman sudah beraksi di dua tempat. Pencurian pertama ia lakukan di wilayah Kecamatan Kabuh (8/6) lalu.

Baca juga: Tersangka Dilimpahkan ke Kejaksaan

Saat itu, ia berhasil membawa kabur sepeda motor Suzuki Smash bernopol S 4809 XA. ”Jadi pelaku ini mengincar motor yang ditinggal pemiliknya tidur atau ke luar rumah. kemudian merusak motor menggunakan kunci palsu yang sudah dilumuri pelumas,” lanjutnya.

Usai menggondol sepeda motor Smash, ia menjual sepeda motor itu kepada seseorang di wilayah Kabuh. Mantan tukang kayu ini, menjual sepeda motor curiannya seharga Rp 900 ribu. ”Sementara uangnya digunakan dia untuk mencukupi kebutuhan sehari-harinya,” imbuhnya.

Aksi terakhirnya dilakukan Sabtu (12/6) dini hari. Saat itu, Rocman jalan kaki berkeliling mencari sasaran di wilayah Mojoagung. Hingga pelaku melihat sepeda motor Honda Blade bernopol S 5540 RF terparkir di depan rumah. ”Saat itu, kunci motor masih menempel, sehingga pelaku langsung membawa lari tanpa kesulitan,” lontar Teguh.

Usai mendapat laporan korban, polisi bergerak melakukan penyelidikan. Siang harinya,  polisi mendapat informasi pelaku terlihat muncul di wilayah Trowulan, Kabupaten Mojokerto sambil mengendarai motor hasil curian.

Tak mau kehilangan buruannya, tim resmob segera bergerak ke lokasi dan berhasil meringkus pelaku. ”Pelaku sempat berupaya lari dan melawan, sehingga kita berikan tindakan tegas terukur di kaki kanannya,” tegasnya.

Polisi juga mengamankan barang bukti sepeda motor Suzuki Smash bernopol A 4809 XA dan Honda Blade. Kepada petugas, dia mengaku, selama dua tahun terakhir sudah sekitar 10 kali menjalankan aksi pencurian motor di sejumlah TKP. ”Jadi dari pendalaman, selain dua TKP itu, dia ini sudah beraksi hingga 10 kali di sejumlah TKP, mulai Kabuh, Peterongan hingga Mojokerto, modusnya hampir sama, pakai kunci palsu,” rinci Teguh.

Dari pengakuannya, 10 unit sepeda motor dijual dengan harga beragam. ”Dari pengakuannya, ia biasa menjual sepeda motor curian itu seharga Rp 900 ribu sampai Rp 2 juta, masih kita dalami,” sambungnya.

Atas perbuatannya, Rocman kini pun terancam hukuman tujuh tahun penjara sesuai pasal 363 KUHP tentangpencurian dengan pemberatan ”Kami juga masih melakukan pengejaran terkait penadah, termasuk apakah dia terlibat jaringan pencurian lain,” pungkas Teguh.

(jo/riz/jif/JPR)

 TOP