alexametrics
Minggu, 20 Jun 2021
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Membahayakan, Jalan Raya Ploso – Gedek Dikeluhkan

Banyak Pasangan Bak Kontrol Jebol

11 Juni 2021, 08: 15: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

JEBOL: Kondisi salah satu bak kontrol di jalan Raya Ploso- Gedek jebol membahayakan pengguna jalan (9/6).

JEBOL: Kondisi salah satu bak kontrol di jalan Raya Ploso- Gedek jebol membahayakan pengguna jalan (9/6).

Share this      

JOMBANG – Arus lalu lintas di jalan Raya Ploso – Gedek tersendat. Itu setelah kondisi permukaan jalan dari pasangan box culvert banyak yang jebol, padahal belum lama terpasang. Kondisi ini dikeluhkan pengendara.

Pantauan di lapangan, Rabu (9/6) siang, pengerjaan proyek jembatan baru Ploso terus berjalan. Sebagian pasangan material box culvert yang dilapisi cor dengan panjang sekitar 200 meter di atas saluran sudah jebol, khususnya di bagian bak kontrol.

Para pengguna jalan pun harus ekstra hati-hati jika tidak ingin kendarannya terperosok ke lubang. Terlebih sebagian besar kondisi lubang tepat berada di tengah jalan.

Baca juga: Kejar Penjual Obat Penggugur Kandungan

Sedikitnya ada sekitar enam titik bak kontrol kondisinya rusak. Beberapa sambungan box culvert nampak telah rontok. ”Ini sudah mulai sejak seminggu terakhir, makin lama makin banyak yang bolong memang,” terang Triman, 50, warga di lokasi.

Meski kondisinya membahayakan pengguna jalan, hingga kemarin belum terlihat upaya perbaikan. ”Perbaikan belum, tapi ya diberi tanda saja, sama ada beberapa pekerja proyek yang bergantian jaga, buat peringatan pengendara yang lewat,” lanjutnya.

Meski begitu, penumpukan kendaraan tak terelakkan. Antrean kendaraan bahkan mengular panjang hingga ratusan meter. ”Nggak ada lubang saja sudah pelan-pelan jalannya, karena berdebu juga sempit, lha ini ada lubang begini ya jadinya makin panjang antreannya, harus pelan-pelan sekali,” sebut Abdul Kohar, 40, salah satu sopir truk yang tengah mengantre.

Selain beberapa bak kontrol rusak, kondisi permukaan jalan tak rata. Sehingga semakin menghambat kelancaran lalu lintas. Hingga Rabu (9/6) siang, terlihat antrean kendaraan mengular panjang, hingga diberlakukan sistem buka tutup. ”Harusnya kan namanya jalan baru dibuat yang enak, yang rata, ini sudah banyak gundukannya, sekarang tambah bolong begitu,” ungkapnya.

Dia pun mempertanyakan kualitas material jalan, terlebih baru sekitar sebulan dilewati tapi sudah banyak muncul kerusakan. ”Lha sebulan saja sudah seperti itu rusaknya, bagaimana nanti tambah lama apa nggak makin hancur,” tandasnya.

Untuk diketahui, proyek pembangunan jembatan baru Ploso berdampak pada sebagian ruas jalan provinsi jurusan Ploso – Gedek.  Sebagian permukaan jalan dikepras untuk pemasangan tiang pancang.

Sebagai penggantinya, sebagian permukaan saluran di pinggir jalan ditutup dengan material box culvert dan dilapisi cor untuk pelebaran jalan. Proses pengecoran baru selesai dikerjakan sekitar Mei lalu. Selanjutnya pada 6 Mei mulai dioperasikan.

(jo/riz/jif/JPR)

 TOP