alexametrics
Rabu, 23 Jun 2021
radarjombang
Home > Olahraga
icon featured
Olahraga

Tuan Rumah Penataran Wasit Jatim

11 Juni 2021, 08: 15: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

SEMANGAT: Karateka saat berlatih di Dojo Mahameru Februari lalu.

SEMANGAT: Karateka saat berlatih di Dojo Mahameru Februari lalu.

Share this      

JOMBANG – Karate Jombang cukup punya nama di Jawa Timur. Ini terlihat dari kepercayaan Inakanas Jatim menunjuk Jombang  sebagai tuan rumah pelatihan wasit juri. ’’Pada Sabtu-Minggu (19-20/6) nanti kita akan menjadi tuan rumah penataran wasit juri Inkanas Jatim,’’ kata Kwat Prayitno, anggota dewan guru PB Inkanas, kemarin.

Penataran akan ditempatkan di Dojo Mahameru Jombang. Dojo Mahameru sangat representatif untuk kegiatan level provinsi bahkan nasional. Di dojo ini ada dua lapangan besar. Satu di lantai bawah, satunya lagi di lantai atas.

’’Penataran akan kita laksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan,’’ tegas Kwat. Pendaftaran dilaksanakan 18 Juni. Dilanjutkan dengan pelaksanaan seminar wasit juri 19 Juni. Lalu ujian teori dan praktik 20 Juni. Peserta yang lulus ujian akan mendapatkan sertifikat.

Baca juga: Bina Kreatifitas Gantikan Ujian

’’Jumlah pesertanya nanti sekitar 40,’’ ungkapnya.

Banyak persyaratan yang harus dilalui untuk mengikuti penataran. Diantaranya, persyaratan administrasi. Peserta baru minimal sabuk coklat dengan melampirkan sertifikat sabuk. Peserta upgrading harus memiliki kualifikasi wasit juri daerah Inkanas yang masih berlaku. Peserta renewal kualifikasinya telah melebihi empat tahun sejak diterbitkan kualifikasi terakhir.

’’Ujian peserta menggunakan gadget masing-masing, tidak melalui kertas. Peserta juga harus membawa alat tulis mandiri,’’ terangnya. Materi ujiannya meliputi kata (seni) dan kumite (tanding).

Kwat mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, semua pilar organisasi harus bergerak. Termasuk atlet, wasit, pelatih, dan pengurus. ’’Semua harus tetap berjalan dengan memperhatikan situasi pandemi,” pungkasnya.

(jo/wen/jif/JPR)

 TOP