alexametrics
Rabu, 23 Jun 2021
radarjombang
Home > Kota Santri
icon featured
Kota Santri

SMK Budi Utomo Launcing Kelas Yamaha

Tingkatkan Kompetensi Siswa

11 Juni 2021, 07: 25: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

APRESIASI: Penyerahan penghargaan siswa berprestasi.

APRESIASI: Penyerahan penghargaan siswa berprestasi.

Share this      

JOMBANG – SMK Budi Utomo Gadingmangu, Perak, Jombang, melaunching kelas binaan Yamaha, kemarin. Kegiatan itu bersamaan dengan perakitan laptop dari kelas binaan Axioo yang sudah berjalan dua tahun terakhir.

’’Tahun ini kami kerjasama dengan Yamaha membuka kelas Yamaha, untuk pembinaan dan pelatihan guru dan siswa,’’ kata Drs Widodo Msi MPd, kepala SMK Budi Utomo Gadingmangu, Perak.

SMK Budi utomo merupakan salah satu SMK paling maju di Jombang. Menggandeng sejumlah brand papan atas untuk meningkatkan keterampilan siswa.

Baca juga: Awalnya Musala Bambu

 Yang terbaru, SMK Budi Utomo menggandeng Yamaha. Harapannya, setelah mengikuti pelatihan khusus, bisa membuat bengkel resmi Yamaha yang dikelola siswa SMK Budi Utomo.

Belajar dengan dibimbing langsung dari industri ditambah pendampingan dari guru sangat efektif. Siswa dapat menyerap ilmu lebih banyak. Apalagi bisa menyerap cara kerja di industri secara langsung.

”Dibimbing dari industrinya pasti akan lebih kuat, karena yang diajarkan langsung teknik yang ada di lapangan,” bebernya.

Melalui kelas yang bekerjasama dengan Yamaha, kelak jika siswa lulus, akan bisa mendirikan bengkel secara mandiri. Juga bisa bekerja di industri permesinan.

’’Kerja dimana saja bisa, meskipun tidak di Yamaha. Yang penting kami memberikan bekal sebaik mungkin,” jelasnya.

Dalam acara launcing tersebut, Yamaha juga membuka service gratis untuk warga Gadingmangu selama sehari.

Program kelas kerjasama Axioo yang kini sudah masuk angkatan kedua kemarin juga merakit laptop sendiri. Dipandu dengan pihak dari Axioo langsung. Siswa merakit laptop kurang dari tiga jam.

’’Tahun pertama dulu, sudah pernah merakit laptop sendiri. Hasilnya sangat bagus, dan bisa dimanfaatkan untuk kegiatan belajar mengajar,” urai Widodo.

Bekal tersebut membuat siswa semakin percaya diri dengan kompetensi yang dimiliki. Kerjasama dengan Axioo akan terus berlanjut. ’’Dalam waktu dekat, kita akan membuka klinik atau service komputer yang dikelola siswa SMK Budi Utomo,’’ paparnya.

Launching kemarin juga dihadiri Toto Raharjo SPd, sekretaris yayasan pendidikan Budi Utomo Gadingmangu, Perak. Ia berharap, siswa SMK Gadingmangu bisa bermanfaat untuk masyarakat luas. Terlebih setelah ada kerjasama dengan merk-merk ternama dan terpercaya tingkat Asia.

”Kita juga berencana kerjasama dengan Daihatsu, mudah-mudahan segera dibuka kelas Daihatsu,” harapnya.

Ia bersyukur, pada masa pandemi, antusias masyarakat terhadap yayasan pendidikan Budi Utomo Gadingmangu masih sangat tinggi. Masyarakat sekitar Gadingmangu, Jombang, Sabang hingga merauke berbondong-bondong mendaftarkan putra-putrinya ke Budi Utomo.

Disini ada lembaga pendidikan mulai TK, SMP, SMA, SMK Budi Utomo Gadingmangu dan SMK Budi Utomo Kertosono, Nganjuk.

’’Karena sekolah kita terpadu dengan pondok pesantren, banyak siswa yang daftar di sini, dari Sabang hingga Merauke,” jelasnya.

Apalagi, Gadingmangu yang terkenal dengan sentra home industri hijab, membuat jurusan busana butik menjadi jurusan primadona bagi warga sekitar.

Usaha konveksi di Gadingmangu semakin berkembang dengan andil anak-anak yang sekolah di SMK Budi Utomo.

’’Tahun ini, siswa busana butik bekerjasama dengan industri konveksi berusaha untuk memproduksi seragam sendiri. Jadi nanti seragam yang akan dipakai merupakan karya siswa SMK Budi Utomo,” pungkas Totok.

(jo/wen/jif/JPR)

 TOP