alexametrics
Minggu, 20 Jun 2021
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Masjid Al Furqaan yang Bernuansa Modern

Dinding Berkaca, Tak Ada Bedug

11 Juni 2021, 08: 35: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

BARU: Masjid Al Furqaan terlihat mencolok di pinggir jalan provinsi.

BARU: Masjid Al Furqaan terlihat mencolok di pinggir jalan provinsi.

Share this      

KEBERADAAN Masjid Al Furqaan di Desa Pulorejo, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, terlihat mencolok. Selain berada di pinggir jalan raya provinsi, masjid ini dibangun dengan desain modern. 

Tak heran, masjid berwarna kombinasi kuning dengan orange ini terlihat megah. Dari luar, terlihat dua menara yang tingginya kurang lebih 50 meter. Nuansa modern terlihat sangat kental karena dinding serambi masjid menggunakan kaca. ”Konsepnya memang modern,” ujar Akhsin salah satu imam Masjid Al Furqaan.

Dia menyampaikan, renovasi terakhir dilakukan pertengahan 2017 lalu. Sebenarnya, di awal pengerjaan, sempat ada  perdebatan terkait model dan desain bangunan. Karena banyak masyarakat menilai masjid model ini seperti apa. “Tapi akhirnya disepakati tetap menggunakan tema modern. Terlebih lagi 50 tahun ke depan masjid akan seperti ini,” ucapnya.

Baca juga: Tabrak Guardrail Ringroad, Motor Timpa Rumah

Lantaran mengusung desain konsep modern itulah keberadaan masjid ini tidak menggunakan bedug, sebagai penanda waktu salat lima waktu. Akan tetapi, menggunakan speaker otomatis yang sudah tersisten, kurang lebih 10 menit sebelum azan sudah menyala.

”Jadi sebelum azan, terdengar bacaan surat-surat pendek Alquran. Setiap salat lima waktu berbeda-beda suratnya,” terangnya. Hal ini untuk menambah semangat para warga datang salah berjamaah di masjid. Dengan mendengarkan bacaan surat-surat pendek itu masyarakat bisa bersiap menunaikan salat lima waktu lebih awal. ”Tapi azan tetap menggunakan suara manusia,” pungkas Akhsin.

(jo/yan/jif/JPR)

 TOP