alexametrics
Selasa, 22 Jun 2021
radarjombang
Home > Kota Santri
icon featured
Kota Santri

MTsN 16 Jombang Gelar Haflatul Wada’ , Ada Siswa Hafal 5 Juz

07 Juni 2021, 18: 14: 18 WIB | editor : Rojiful Mamduh

APRESIASI: Siswa berprestasi menerima hadiah

APRESIASI: Siswa berprestasi menerima hadiah

Share this      

JOMBANG – MTsN 16 Jombang menggelar wisuda purna siswa dengan protokol kesehatan. Menghadirkan undangan terbatas, kegiatan berlangsung singkat, hanya satu jam.

’’Awalnya kami berencana menggelar wisuda purna siswa secara simbolis saja, tapi ternyata setelah komunikasi dengan satgas Covid-19 kecamatan alhamdulillah diizinkan dengan protokol kesehatan,” kata Saadatul Athiyah, kepala MTsN 16 Jombang.

Ada 161 siswa yang diwisuda kemarin. Semua siswa kelas IX dinyatakan lulus seratus persen. ’’Hasil rapat dengan bapak ibu guru, dan dengan melihat berbagai petimbangan, semua siswa lulus 100 persen,” ungkap Atik. Pengumuman itu membuat suasana wisuda menjadi ramai, riuh dengan suara tepuk tangan wisudawan.

Baca juga: Masih Upload Data di Aplikasi PPDB, 24 Juni Pendaftaran

KOMPAK: Jajaran guru dan staf MTsN 16 Jombang.

KOMPAK: Jajaran guru dan staf MTsN 16 Jombang.

Undangan wisuda dibatasi. Tidak ada wali murid. Madrasah hanya mengundang forkopimcam, komite madrasah, dan siswa yang diwisuda saja. Mereka disiplin jaga jarak. Juga dilarang melepas masker.

Di MTsN 16 Jombang, budaya hidup sehat sudah dilakukan sejak lama, 2015. Ada fasilitas cuci tangan di semua kelas. Juga di kantin, kamar mandi, ruang guru serta perpustakaan.

MTsN 16 juga tidak memperbolehkan siswanya membuang sampah, utamanya sampah plastik. Siswa membawa gelas sendiri dari rumah untuk dipakai di madrasah. Kantin hanya menjual makanan tradisional tanpa kemasan plastik.

’’Misalnya ote-ote, tahu isi, pisang goreng, hanya ditaruh wadah yang ditutup rapat, tanpa kemasan. Jadi sampahnya sangat minim,” jelasnya.

MTsN 16 Jombang merupakan madrasah Adiwiyata Mandiri tingkat nasional. Sehingga gaya hidup bersih dan sehat dilakukan setiap hari.

MTsN 16 Jombang juga membekali siswa dengan kemampuan baca Alquran yang baik dan benar. Utamanya untuk siswa laki-laki, minimal harus hafal 10 surat terakhir Alquran. ”Karena mereka akan menjadi imam, bacaan Qurannya harus bagus. Alhamdulillah ada yang hafal lima juz juga,’’ urainya.

Atik berpesan kepada seluruh siswanya, agar tidak meninggalkan salat lima waktu, dan membaca Alquran. ’’Kalau bacaannya belum lancar, belajar terus pada orang-orang yang lebih pandai,” saranya.

Digelar dengan prokes ketat, wisuda tetap berjalan khidmat. Satu per satu siswa yang dipanggil maju ke depan untuk menerima kalung penghargaan dari kepala madrasah. Dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada tiga siswa terbaik di MTsN 16. Ketiganya yakni M Rofiul Adib, Raihan Putra Anandiyatma, dan Putri Maulidina Syahara.

”Kami berharap, siswa yang telah diwisuda dapat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi lagi, setinggi-tingginya. Serta menjaga nama baik almamater di luar sana. Karena kunci kesuksesan adalah beriman dan berilmu,” pungkas Atik.

(jo/ang/jif/JPR)

 TOP