alexametrics
Rabu, 23 Jun 2021
radarjombang
Home > Tokoh
icon featured
Tokoh

Fokus Kembangkan Madrasah Inklusi

31 Mei 2021, 18: 51: 56 WIB | editor : Rojiful Mamduh

ahmaKepala MTsN 10 Jombang, H Ahmadi MSy

ahmaKepala MTsN 10 Jombang, H Ahmadi MSy

Share this      

Bagi Kepala MTsN 10 Jombang, H Ahmadi MSy, pendidikan harus menyentuh semua elemen. Serta memberi kesempatan yang sama kepada semua anak. Tanpa terkecuali anak berkebutuhan khusus (ABK). ’’Inilah sebabnya saya bertekad mengembangkan madrasah inklusi,’’ tegasnya.

Madrasah inklusi merupakan gagasan orisinilnya. ’’Ini ikhtiyar saya sebagai kepala madrasah untuk menyelenggarakan pendidikan yang berpegang teguh pada hak asasi manusia,’’ terangnya.

Mulai tahun ajaran baru nanti, MTsN 10 akan menerima murid dari siswa difabel, atau anak berkebutuhan khusus. Nantinya, mereka akan bisa mengikuti pelajaran layaknya teman-teman sebayanya. ’’Kita mulai tahun ajaran 2021-2022 ini. Bahkan sudah ada beberapa siswa ABK yang mendaftar,’’ lanjutnya.

Baca juga: Gelar Pelatihan Digital Marketing

Siswa reguler maupun ABK, akan menjalani pelajaran secara bersamaan di kelas dan ruangan yang sama. Akan ada dua guru yang membimbing di kelas itu. ’’Ada guru biasa. Juga ada guru yang khusus membantu siswa ABK agar lebih mudah memahami pelajaran,’’ tambahnya.

Dengan program terbaru ini, MTsN 10 akan jadi pioner penyelenggaraan program madrasah literasi. Tidak saja di Kabupaten Jombang, namun juga di Provinsi Jawa Timur.

Persiapan untuk program ini sudah matang. ’’Dibuktikan dengan dukungan yang besar dari Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah yang telah meninjau kesiapan kami,’’ tambahnya.

Kedepan, dia berharap para siswa ABK mampu mengembangkan potensinya di madrasah. ’’Kita berharap iptek dan imtaq mereka berjalan beriringan di madrasah,’’ pungkasnya.

(jo/riz/jif/JPR)

 TOP