alexametrics
Rabu, 23 Jun 2021
radarjombang
Home > Tokoh
icon featured
Tokoh
Titik Erliyani Founder Jombang Peduli

Awalnya Sedekah, Kini Punya Lembaga Sosial Sendiri

27 Mei 2021, 08: 13: 14 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Titik Erliyani Founder Jombang Peduli

Titik Erliyani Founder Jombang Peduli

Share this      

Adalah Titik Erliyani, seorang wanita yang sangat peduli membantu sesama. Berawal dari gemar bersedekah 2006 silam, ia kini mempunyai lembaga sosial sendiri dengan ratusan anggota yang aktif membantu sesama.  

Founder Komunitas Jombang Peduli ini akrab disapa Bunda Titi. Ia lahir di Jombang, 14 April 1971. Menurutnya, Jombang peduli termotivasi dari banyaknya warga tidak mampu di sekitar rumahnya. Seperti anak yang tidak bisa bersekolah karena kendala ekonomi, lansia sebatang kara, atau warga miskin yang tidak bisa berobat karena sakit.

”Sekitar 2006. Sebagian penghasilan usaha saya saya sisihkan untuk bersedekah ke sekitar warga Desa Plandi yang membutuhkan,’’ ujarnya. Setiap kali bersedekah, ia mengajak anaknya yang berusia tiga tahun. Lambat laun usahanya semakin lancar dan sukses. Semakin banyak job yang dia dapat sehingga semakin banyak pula yang ia sedekahkan.

Baca juga: SMA/SMK Dilarang Gelar Wisuda

”Akhirnya saya semakin semangat membantu sesama yang membutuhkan. Saat itu, saya masih fokus di sekitar warga Plandi,’’ tambahnya. Bagi Titi, sedekah adalah kewajiban. Ia merasa sangat berguna ketika dapat meringankan warga kurang mampu.

”Kemudian saya ingin membantu warga di luar Plandi. Dengan keterbatasan waktu dan tenaga, saya mengajak teman-teman yang berjiwa sosial untuk bergabung menjadi anggota Jombang peduli,’’ tambah ibu tiga anak ini.

Seiring berjalannya waktu, Komunitas Jombang Peduli (Azimat Nastiti) yang didirikan Titi bersama sejumlah rekannya semakin eksis. Beralamat di Jl Sulawesi 42B Plandi, anggota komunitasnya kini lebih dari 100 orang. ”Donatur ada 100 orang lebih, namun yang aktif membantu sekitar 25 orang. Karena kebanyakan anggota adalah karyawan dan tidak memiliki banyak waktu membantu turun ke rumah warga tidak mampu,” papar dia.

Sebagai perempuan yang aktif di dunia jasa persewaan dekorasi pernikahan, Titi memiliki cukup banyak relasi orang-orang baik. Ia sering mendapat bantuan ketika melaksanakan kegiatan sosial. Misalnya dari kalangan dokter, polisi, TNI, guru serta beberapa pihak lain. Selama membantu warga kurang mampu, ada sejumlah pihak yang sering membantu.

Mulai Klinik Pratama PG Djombang Baru, Dinsos Jombang, Kapolsek Perak AKP Dwi Retno yang dulu menjabat sebagai Kanit PPA Polres Jombang dan Panti Wreda Jombang. ”Serta dr Resfri Nur Ana dan dr Retno Wulandari yang membantu Home Care Klien Jombang Peduli maupun ustad Ayub Taufiqurrohman yang banyak  membimbing  saya  ke  jalan  Allah SWT,’’ pungkasnya.

(jo/ang/jif/JPR)

 TOP