alexametrics
Rabu, 23 Jun 2021
radarjombang
Home > Olahraga
icon featured
Olahraga

Latihan Dua Jam Sehari

11 Mei 2021, 08: 10: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

FOKUS: Pungky saat latihan catur di rumahnya Desa Bulurejo Kecamatan Diwek, Kamis (29/4).

FOKUS: Pungky saat latihan catur di rumahnya Desa Bulurejo Kecamatan Diwek, Kamis (29/4).

Share this      

JOMBANG – Latihan catur tidak membutuhkan tenaga fisik berat. Selama Ramadan, latihan bisa dilakukan setiap hari. Seperti dilakukan Pungky Wahyu Febrian, siswa SMAN 1 Jombang kelas 10 IPS. Ia latihan setiap hari, minimal dua jam.

’’Saya latihan lawan siapa saja. Kadang juga latihan online,’’ ucapnya.  Di rumah, dia juga tidak kesulitan cari lawan. ’’Semua keluarga bisa catur,” ungkap sulung dari pasangan Wahyudi dan Yuyun Rakhmawati ini.

Pungky sering juara catur sejak usia dini. Kelas 2 MI pada 2012, ia juara satu Aksioma Kecamatan Diwek.

Baca juga: Tidak Ada Tes, Masuk PPDB SD/MI Berdasarkan Usia dan Zonasi

Menurutnya, bermain catur bisa dilakukan siapa saja. Namun untuk meraih prestasi, harus memiliki jadwal latihan yang konsisten, serta mengikuti arahan dari pelatih.

’’Harus terus diasah dengan latihan rutin setiap hari. Dan yang penting mengikuti kata pelatih,’’ urai atlet asal Dusun Bedok, Desa Bulurejo Kecamatan Diwek yang lahir 16 Februari 2004.

Ia juga juara satu Aksioma Kabupaten  Jombang 2012. Pada 2013 dia juara satu O2SN kabupaten. Lalu pada 2014 ia juara satu Aksioma kecamatan, dan juara 1 aksioma kabupaten.

Pada 2015, ia mengikuti O2SN kabupaten. Serta kembali meraih juara satu. Ditahun yang sama, ia juga menjuarai Porkab Jombang. Saat itu dia masih duduk di kelas 5 MI.

Koleksi medalinya bertambah setelah kembali mendapat juara satu piala Kapolres Jombang 2017. Serta juara satu Porkab 2018.

Baru duduk di bangku SMA, Pungky sudah memiliki banyak prestasi. Ia merupakan salah satu pecatur yang memiliki lisensi wasit nasional pratama (WNP) sejak 2019. Tahun ini ia mengikuti upgrade wasit nasional pratama menjadi wasit nasional (WN).

Pada 2020, ia juga mendapatkan lisensi pelatih nasional pratama (PNP). ”Dengan mendapatkan lisensi wasit nasional (WN) saya dipromosikan Percasi Jawa Timur magang menjadi wasit di event pertandingan resmi seperti porprov atau kejurprov,’’ paparnya.

Selama masa pandemi, Pungky banyak menghabiskan waktu di rumah. Dia juga mengadakan lomba catur online. ”Selama pandemi saya dua kali mengadakan lomba catur online tingkat Jatim,” pungkasnya.

(jo/wen/jif/JPR)

 TOP