alexametrics
Minggu, 20 Jun 2021
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Giliran Bendera Filipina Hilang di Taman ASEAN Jombang

08 Mei 2021, 11: 05: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

TAK UTUH: Salah satu bendera di Taman ASEAN ini hilang sejak beberapa hari terakhir.

TAK UTUH: Salah satu bendera di Taman ASEAN ini hilang sejak beberapa hari terakhir.

Share this      

JOMBANG – Salah satu bendera di Taman ASEAN kembali hilang. Kali ini, giliran bendera Filipina yang tak terpasang di tiang. Keadaan seluruh bendera juga tidak utuh lagi, setelah banyak yang lusuh dan sobek.

’’Sudah hampir tiga hari ini satu bendera tidak ada,’’ kata Yuni salah satu warga sekitar. Menurutnya, tersisa satu tiang kosong yang tidak ada benderanya. Tiang itu berada di urutan ke-7 dari arah selatan. Bendera yang hilang itu adalah bendera Filipina.

’’Apakah copot seperti dulu atau memang diambil petugas saya kurang tahu. Yang jelas kemarin baru tahu kalau ada satu bendera yang tidak ada,’’ imbuh dia. Sejauh ini, keberadaan  bendera di Taman ASEAN itu memang tidak pernah lengkap. Pasti ada satu bendera yang hilang.

Baca juga: Tanamkan Agama di Sekolah

’’Terakhir bendera Kamboja yang hilang. Tapi waktu itu jatuh, terus ada yang mengamankan dan akhirnya dibawa ke Satpol PP, kalau ini saya nggak tahu,’’ sambung wanita yang rumahnya tak jauh dari area Taman ASEAN.

Lebih dari itu, kondisi taman juga memprihatinkan. Terutama bendera yang terpasang, tak semua dalam kondisi utuh. Bahkan sebagian besar sudah rusak. Mulai dari ujung bendera, hingga ke bagian tengah. Tak terkecuali bendera merah putih. ’’Kalau lihat benderanya kurang pas jadi ikon Taman ASEAN. Soalnya kelihatan kalau nggak dirawat,’’ beber dia.

Sementara itu, Hari Oetomo Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jombang, melalui Ahmad Rofiq Ashari Kabid Pengelolaan Sampah dan Ruang Terbuka Hijau, mengaku belum mengetahui kalau ada satu bendera di area taman yang hilang. ’’Coba teman-teman saya minta cek ke lokasi,’’ katanya.

Dia menyebut, area taman tersebut memang menjadi kewenangannya. Termasuk 11 bendera yang terpasang. Sebagian besar kondisi bendera yang rusak, bakal segera diganti. ’’Ya nanti kita ganti baru, kalau yang hilang kita cek lagi. Memang hilang, sekalian kita ganti baru juga,’’ pungkas Rofiq.

Seperti diketahui, bendera di area Taman ASEAN sering tak lengkap. Hampir di setiap tahun pasti ada satu bendera yang tidak ada di tiang. Kali terakhir, terjadi pada pertengahan Desember lalu, bendera Kamboja hilang. Kondisi bendera lainnya juga kucel dan bahkan bendera Brunei Darussalam robek. Bendera ini urutan nomor dua dari selatan.

(jo/fid/jif/JPR)

 TOP