alexametrics
Minggu, 20 Jun 2021
radarjombang
Home > Hukum
icon featured
Hukum

Catur Hadirkan Dua Saksi Meringankan

Sidang Kasus Dana Desa Mojowarno

07 Mei 2021, 11: 00: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Catur Hadirkan Dua Saksi Meringankan

Share this      

JOMBANG -  Sidang lanjutan kasus dana desa dengan terdakwa Catur Budi Setyo, eks Kades Mojowarno juga digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Surabaya (5/4). Sesuai agenda sidang melanjutkan pemeriksaan saksi.

”Untuk sidangnya terdakwa Catur, yang dihadirkan dua saksi dari pihak terdakwa, saksi A De Charge atau saksi meringankan. Ada dua saksi dari unsur warga,” terang Mohammad Salahuddin, Kasipidsus Kejaksaan Negeri Jombang.

Dalam kesaksiannya di depan majelis hakim, kedua saksi dikatakan Salahuddin menceritakan dan menjelaskan perihal keberadaan dua gedung yang sempat terutang dan tak dibangun Pemdes Mojowarno saat Catur menjabat Kepala Desa. ”Intinya mereka menjelaskan terkait dua gedung yaitu gedung PKK dan gedung RW yang sudah terbangun, meskipun telat,” lanjutnya.

Baca juga: SMKN 3 Jombang Jadi Sekolah Rujukan

Kendati demikian, Salahuddin menyebut kedua saksi yang dihadirkan Catur tak mengetahui detail ketika dicecar soal berapa volume dan lama pengerjaan dua bangunan itu. ”Jadi keduanya cuma menerangkan selesainya bangunan, tidak bisa menerangkan volume ataupun teknis pengerjaan bangunannya,” lontarnya.

Sidang bakal dilanjut dua minggu ke depan. ”Berkaitan dengan hari raya Idul Fitri, sidang dilanjut Selasa (18/5), agendanya pemeriksaan terdakwa,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Satreskrim Polres Jombang menetapkan Catur Budi Setyo eks kades Mojowarno sebagai tersangka. Dia diduga menyimpangkan anggaran pembangunan proyek fisik di desa yang didanai dari dana desa tahun anggaran 2018. Dari hasil audit, perbuatan eks Kades Mojowarno diduga mengakibatkan kerugian negara mencapai sekitar Rp 281 juta.

Caturjuga telah ditahan di Lapas Klas II  B Jombang sebagai titipan dari Kejari Jombang sejak awal 2 Maret 2021 lalu. Setelah berkasnya dinyatakan lengkap atau P21 dan pelimpahan tahap dua dilakukan polisi.

(jo/riz/jif/JPR)

 TOP