alexametrics
Sabtu, 15 May 2021
radarjombang
Home > Kota Santri
icon featured
Kota Santri

Berburu Malam Lailatul Qadar, Saat Salat Lampu Dimatikan

05 Mei 2021, 08: 25: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

KUSYUK: Suasana salat malam lailatul qadar di Masjid Agung Baitul Mukminin

KUSYUK: Suasana salat malam lailatul qadar di Masjid Agung Baitul Mukminin

Share this      

JOMBANG – Antusias umat Islam yang mengikuti salat malam lailatul qadar di Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang, cukup tinggi. Sejak memasuki sepuluh hari terakhir, tak kurang ada 150 jamaah yang berburu keberkahan Ramadan dengan salat Lailatul Qadar.

Lukman Hakim Kepala Sekretariat Masjid Baitul Mukminin Jombang menjelaskan, salat malam lailatul qadar digelar sejak malam ke-21 Ramadan hingga nanti menjelang takbir Idul Fitri. ”Kita laksanakan mulai pukul 02.00 hingga 03.00,’’ ujarnya kepada Jawa Pos Radar Jombang, kemarin (4/5).

Salat malam lailatul qadar di Masjid Agung terasa kusuk karena pada saat lampu utama dimatikan. Meski begitu, jamaah tetap dapat melihat dengan jelas karena ada cahaya dari lampu di luar masjid. ”Lampu utama saja yang kita matikan,’’ tambahnya.

Baca juga: SMKN 2 Jombang Cetak Jiwa Entrepreneur yang Religius dan Berprestasi

Setiap malam, ada sekitar 150 jamaah yang mengikuti salat lailatul qadar. Usai salat, masing-masing jamaah juga mendapatkan jatah nasi bungkus untuk sahur bersama. ”Dalam salat kita juga tetap mengedepankan protokol kesehatan, dengan menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun sebelum masuk masjid,’’ ujar dia.

Jamaah juga mengikuti beberapa salat sunnah lain. Di antaranya, salat taubat dua rakaat, salat tasbih empat rakaat, salat tahajud dua rakaat dan salat hajat dua rakaat. ”Terakhir ditutup dengan witir,’’ tandas Lukman.

Menurutnya, malam lailatul qadar merupakan malam spesial di 10 terakhir Ramadan karena amalan di malam itu setara dengan 1.000 bulan. ”Harapannya dengan salat ini dapat lebih meningkatkan ketakwaan dan keimanan kita kepada Allah SWT,’’ pungkasnya.

(jo/ang/jif/JPR)

 TOP