alexametrics
Sabtu, 15 May 2021
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Hari Pertama PPDB, Baru 87 Siswa Mendaftar

04 Mei 2021, 17: 55: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Hari Pertama PPDB, Baru 87 Siswa Mendaftar

Share this      

JOMBANG – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMPN dimulai Minggu (2/5). Sebanyak 87 calon peserta didik mulai mengunggah data dan dokumen diri. Untuk mengantisipasi server down hingga lemot, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menyiapkan server cadangan. ”Laman pendaftaran PPDB tahap pendataan kita buka sejak pukul 00.00 tadi malam (2/5),’’ ujar Rendra Kusuma Kasi Peserta Didik SMP kepada Jawa Pos Radar Jombang, kemarin (2/5).

Pada hari pertama, ada 87 siswa mengunggah dokumen. ”Masih sekitar 87 siswa upload KK dan akte,’’ tambahnya.

Tahapan PPDB 2021 dibagi dalam dua tahap. Periode pendataan dilaksanakan mulai 2 Mei hingga 12 Juni. Serta periode seleksi akan dilaksanakan 24-28 Juni. ”PPDB tahap pendataan ini sebagai langkah awal tahap seleksi. Karena kalau tidak ikut tahap ini tentu tidak bisa mendaftar sekolah,’’ tambahnya.

Baca juga: 17 Kecamatan di Jombang Masih Zona Merah Covid-19

Untuk mengantisipasi server lemot seperti tahun tahun sebelumnya, pihaknya mengaku sudah mengantisipasi dengan menyiapkan server cadangan. Yakni melalui cloud alias jaringan berbasis internet. ”kita ada back up servernya melalui cloud (awan) secara online. Kita juga sudah bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika untuk kapasitas bandwidth,’’ tambahnya.

Untuk mendaftar PPDB, calon peserta didik dapat mengakses laman  ppdb.jombangkab.go.id. lalu login menggunakan username dan password yang didapat dari sekolah SD masing-masing. Rendra menambahkan, untuk username dan password masing-masing peserta didik berbeda. ”Kita sudah berikan username dan password ke masing-masing sekolah,’’ jelas dia.

Saat PPDB tahap pendataan, siswa dapat mengunggah semua berkas secara online. Mulai kartu keluarga (KK), akta kelahiran, dokumen afirmasi, pindah tugas orang tua maupun dokumen prestasi. ”Pendaftaran ini kita buka sampai 12 Juni,’’ papar dia.

Dia mengakui, waktu yang diberikan pada PPBD tahap pendataan ini cukup lama, hingga satu bulan lebih. Itu dilakukan karena beberapa hal, pertama karena terpotong libur lebaran. ”Kedua adalah memberikan waktu dan kesempatan selonggar longgarnya bagi calon peserta didik. Sehingga mereka tidak perlu tergesa gesa,’’ pungkasnya.

(jo/ang/jif/JPR)

 TOP