alexametrics
Sabtu, 15 May 2021
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Pulang Kampung, 38 Pekerja Migran Dikarantina di Puskesmas

04 Mei 2021, 17: 47: 23 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Budi Winarno Koordinator Komunikasi Publik Satgas Covid-19 Kabupaten Jombang

Budi Winarno Koordinator Komunikasi Publik Satgas Covid-19 Kabupaten Jombang

Share this      

JOMBANG – Gelombang kepulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Jombang tak luput dari perhatian pemkab. Satgas Covid-19 Kabupaten Jombang mencatat ada 38 PMI yang pulang menjelang lebaran Idul Fitri ini. Mereka mayoritas berasal dari Singapura dan Malaysia.

Juru bicara Satgas Covid-19 Jombang Budi Winarno menyampaikan, sejauh ini tercatat ada 38 PMI asal Jombang yang pulang. ”Rata-rata dari Singapura dan Malaysia,’’ ujar dia kepada Jawa Pos Radar Jombang kemarin (5/3).

Sesuai SOP, PMI yang tiba di Jawa Timur terlebih dulu akan ditangani Pemprov Jatim. Dimulai dengan pengecekan kesehatan kemudian dikarantina selama dua hari di RSU Haji Surabaya. ”Di sana juga dilakukan test swab PCR atau rapid test antigen. Kalau hasilnya negatif baru nanti tim dari satgas Covid-19 kabupaten akan melakukan penjemputan,’’ tambahnya.

Baca juga: Curi HP Teman di Kos-Kosan, Mahasiswa Dibekuk Polisi

Di Jombang sendiri, ada 14 puskesmas yang telah disiapkan untuk menampung kedatangan para PMI tersebut. Para PMI akan dikarantina sesuai daerah asal mereka. ”Kalau asal Peterongan ya kita tempatkan di Puskemas Peterongan. Begitu juga kalau asal Jombang, kita tempatkan di Jombang,’’ papar dia.

Saat menjalani isolasi di puskesmas, mereka juga akan kembali menjalani test swab dan karantina minimal dua hari sejak hari kedatangan. ”Kalau hasil swab negatif, maka baru boleh kita izinkan pulang ke rumah. Tapi kalau positif maka kita karantina sampai mereka negatif Covid-19,’’ jelas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika ini.

Dari 38 orang, sampai saat ini tersisa delapan orang yang masih menjalani karantina tiga hari di puskesmas. ”Sisanya sudah pulang selesai isolasi. Dan alhamdulillah dari 38 itu tidak ada yang positif,’’ papar dia.

Dijelaskan, 38 orang tersebut rata-rata adalah pekerja di sejumlah negara di Asia. Sejauh ini Budi menyebut tidak ada yang berasal dari India. Namun dari Malaysia dan Singapura. ”Dari India tidak ada,’’ pungkasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Camat Peterongan Sholahudin menjelaskan, total ada tiga orang pekerja migran asal Kecamatan Peterongan yang pulang kampung. ”Mereka adalah dari desa Morosunggingan, Tanjunggunung dan Bongkot,’’ ujar dia.

Ketiganya, sudah menjalani karantina di puskesmas sejak beberapa hari lalu. Saat ini, mereka sudah diizinkan pulang menemui keluarga mereka di kampung halaman. ”Karena hasilnya negatif sehingga kami izinkan pulang,’’ pungkasnya.

Senada juga disampaikan Muhdlor, Camat Jombang. Ia menyampaikan ada satu pekerja migran asal Desa Candimulyo  yang pulang. ”Ada satu, yang kemarin menjalani karantina di puskesmas,’’ pungkasnya.

(jo/ang/jif/JPR)

 TOP