alexametrics
Sabtu, 15 May 2021
radarjombang
Home > Kota Santri
icon featured
Kota Santri

Ramadan, MTsN 8 Jombang Gelar Pondok Ramadan

Fokus Pemahaman Islam Rahmatan Lil Alamin

04 Mei 2021, 08: 25: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

M Makhi Kepala MTsN 8 Jombang

M Makhi Kepala MTsN 8 Jombang

Share this      

JOMBANG – Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di MTsN 8 Jombang, lebih khidmat. Tak hanya mengajarkan kurikulum pendidikan umum, namun juga aktivitas pondok Ramadan.

“Sesuai arahan Kanwil Kemenag Jombang, PTM kita laksanakan, namun diselipkan pondok Ramadan sebagai pengisi kegiatan siswa,” terang M Makhi Kepala MTsN 8 Jombang. Kegiatan ini dilaksanakan (19-21/4) lalu. Selama empat hari, siswa diberi pengetahuan dan pendalaman  Islam. “Selain ibadah keseharian seperti salat, puasa, taharah (bersuci), zakat, kami juga menekankan materi moderasi beragama,” lanjutnya.

Materi moderasi beragama ini dinilai penting bagi siswa terjun ke masyarakat. Bagaimana beragama Islam yang rahmatan lil alamin. “Ini penakanan sejak dini diajari Islam rahmatan lil alamin, untuk membendung ajaran radikal,” tambah dia. Tidak ada kesulitan dalam pemberian materi. Karena semua guru dan pengajaran yang dibutuhkan telah ada. “Saya sendiri memberi materi moderasi beragama,” imbuh Makhi.

Baca juga: Bank Jatim Serahkan Hadiah Satu Unit Expander

Kegiatan diisi pendalaman Islam dan ibadah keseharian.

Kegiatan diisi pendalaman Islam dan ibadah keseharian.

Sepanjang kegiatan, prokes tetap dilakukan, seperti PTM setiap hari. Pondok Ramadan diakhiri dengan pembagian zakat fitrah dari siswa dan seluruh warga sekolah. Zakat fitrah dibagikan kepada seluruh fakir miskin dan kaum duafa di sekitar madrasah. Sejumlah guru dan pegawai  juga diberi kegiatan lain sembari menunggu jam pulang sekolah.

“Jadi setelah salat duhur, guru dan pegawai ada halaqah, bapak ibu guru biasanya mendapatkan kultum, yang bertugas juga bergiliran,” pungkasnya.

(jo/riz/jif/JPR)

 TOP