alexametrics
Sabtu, 15 May 2021
radarjombang
Home > Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan

Datangkan Alat Berat, Proyek Jl KH Wahid Hasyim Mulai Digarap

Tahap Awal Pembersihan Pohon dan Taman

03 Mei 2021, 20: 12: 41 WIB | editor : Rojiful Mamduh

DIKEBUT: Tim dari PT Asri Jaya Putra Perkasa terus mengebut pembersihan taman di Jl KH Wahid Hasyim

DIKEBUT: Tim dari PT Asri Jaya Putra Perkasa terus mengebut pembersihan taman di Jl KH Wahid Hasyim

Share this      

JOMBANG – Proyek rehabilitasi trotoar dan drainase Jl  KH Wahid Hasyim mulai berjalan. Terlihat alat berat sudah didatangkan ke lokasi proyek. Pengerjaan dimulai dari sisi utara atau ringin contong.

Setiawan Afandi, pejabat pembuat komitmen (PPK) proyek rehabilitasi drainase dan trotoar Jl KH Wahid Hasyim menjelaskan, hingga saat ini tim rekanan dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) masih fokus pada pembersihan pohon di sepanjang Jl KH Wahid Hasyim, termasuk pembongkaran taman yang berada di sisi timur jalan. ”Insya Allah kalau tidak ada kendala, tahap awal kita target sebelum lebaran tuntas,’’ ujar dia kepada Jawa Pos Radar Jombang (2/5).

Dia menambahkan, di tahap awal ini,  untuk PJU dan rambu tidak digeser. Tim PPK memutuskan untuk fokus pencabutan pohon dan tanaman perdu. Alasannya, PJU dan rambu masih dapat dimanfaatkan untuk penerangan jalan terutama saat malam hari. ”Untuk rambu, neon box asmaul husna dan juga PJU tetap tidak kita lakukan penggeseran ataupun pemindahan. Sementara tetap kita manfaatkan sebelum nanti dilakukan penggalian,’’ jelas dia.

Baca juga: Mencoreng Nama Pemkab, Dorong Bupati Jatuhkan Sanksi

Sejauh ini, lanjut Kabid Perumahan Dinas Perkim Jombang ini, pencabutan tanaman berjalan lancar. Tim rekanan sudah mulai action termasuk menerjunkan alat berat ke lokasi. ”Kemarin waktu kita sempat terfokus untuk membersihkan lahan di DLH guna menaruh pohon dan bongkaran taman. Nanti kalau di DLH sudah penuh akan kita pikirkan tempat lain untuk menampung pohon tersebut,’’ papar dia.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Perkim Jombang Heru Widjajanto. Sejak ground breaking atau peletakan batu pertama dilakukan Bupati Mundjidah (29/4) lalu, saat ini pengerjaan di lapangan sudah langsung dikabut.  Sementara masih terfokus pada pembersihan pohon yang meliputi tanaman perdu, pemotongan pohon palem serta pembongkaran pulau taman. ”Baru setelah tahap ini selesai kita fokus pada penggalian,’’ tambahnya.

Setelah tahap penggalian selesai, selanjutkan akan dilakukan pemasangan box culvert untuk drainase. ”Terakhir kita kerjakan trotoarnya, termasuk fasilitas umum lainnya,’’ pungkasnya.

Untuk diketahui, tahun ini pemkab Jombang melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) menggelontorkan anggaran mencapai sekitar Rp 16,7 miliar dari APBD untuk rehabilitasi trotoar dan drainase Jl KH Wahid Hasyim. Sebagai pelaksana proyek PT Asri Jaya Putra Perkasa dan CV Iyyaaka sebagai konsultan pengawas.

(jo/riz/jif/JPR)

 TOP