alexametrics
Sabtu, 15 May 2021
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Dispendukcapil Jombang Teken MoU dengan Kemenag dan PA Jombang

Sinergi Pemanfaatan Data Kependudukan dan Per

03 Mei 2021, 20: 05: 25 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Dispendukcapil Jombang Teken MoU dengan Kemenag dan PA Jombang

Share this      

JOMBANG – Upaya mempermudah proses pencatatan sipil dan sharing data kependudukan antar lembaga pemerintahan terus diupayakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jombang. Salah satunya menginisiasi MoU (Memorandum of Understanding)  dengan Pengadilan Agama (PA) dan Kemenag Jombang.

Kegiatan penandatangan surat kerja sama digelar di ruang rapat Swagata Pendapa Kabupaten Jombang Kamis (29/4). Hadir dalam kegiatan, Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab, Kepala Dispendukcapil Jombang Masduqi Zakaria, Ketua Pengadilan Agama Jombang Siti Hanifah dan Plt Kepala Kemenag Jombang Leksono.  Secara bergiliran. ”Kita memang membutuhkan kerja sama antar tiga lembaga ini,” terang Masduqi Zakaria, Kepala Dispendukcapil.

Penandatanganan disaksikan Asisten Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Jombang Drs. Anwar MKP,  Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jombang, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kepala Dinas Sosial, juga para Kepala OPD terkait serta perwakilan dari Kepala Kementerian Agama Ilham Rokhim, S.Ag M.H,

Baca juga: Tingkatkan Pelestarian Hutan dan Ekonomi Masyarakat

Penandatanganan perjanjian kerja sama antara Dispendukcapil Jombang, Kantor Kemenag Jombang dan PA Jombang berkaitan dengan kebutuhan integrasi data. Dalam MoU itu, disepakati ketiga lembaga ini akan saling bertukar data yang akan memudahkan ketiga belah pihak. ”Khususnya nanti dalam urusan pernikahan, perceraian. Dua hal ini kan berhubungan sama data kependudukan,” lanjutnya. 

Dalam sambutannya, Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas dilaksanakannya kerja sama antar tiga lembaga ini. dia berharap dengan adanya kerja sama ini semakin meningkatkan pelayanan ke masyarakat. "Data itu penting, oleh karenanya dengan kerja sama pemanfaatan data ini akan memberikan manfaat bagi masyarakat. Pelayanan akan menjadi cepat dan mudah", tutur Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab.

Bupati juga berharap, proses penandatanganan yang dilakukan bertepatan dengan 17 Ramadan 1442 itu membawa berkah bagi semua pihak. ”Ini hari baik, dan ada kesepakatan yang baik pula antara lembaga ini, tentu kami berharap kegiatan ini membawa berkah,”, pungkas Bupati.

(jo/riz/jif/JPR)

 TOP