alexametrics
Sabtu, 15 May 2021
radarjombang
Home > Jombang Banget
icon featured
Jombang Banget

Dulu SR Bhineka, Kini SDN Jombatan I

02 Mei 2021, 08: 30: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

KENANGAN: Siswa-siswi SR Bhineka

KENANGAN: Siswa-siswi SR Bhineka

Share this      

SALAH satu Sekolah Dasar Negeri di Jombang yang punya sejarah panjang adalah SDN Jombatan I. Sekolah yang berada di kompleks bangunan SMAN 3 Jombang ini sempat berubah nama beberapa kali.

Dari data yang didapat Jawa Pos Radar Jombang dari salah satu alumnus, Mudjito Nurgo Sumarno, menyebut nama sekolah dulunya adalah normal school di zaman penjajahan Belanda. “Kita dulu kenalnya sekolah normalan, baru tahun 1955 saat saya masuk kelas 1, namanya berubah jadi Sekoral Rakyat (SR) Latihan,” katanya.

Nama SR Latihan sendiri, mengacu pada fungsi sekolah dan kompleks dimana keberadaan sekolah itu berdiri. Saat itu, kompleks SMAN 3 digunakan untuk SMPN 1 Jombang dan Sekolah Pendidikan Guru. “Jadi sekolah kami jadi tempat latihan para guru di SPG, makanya disebut SR Latihan,” lanjutnya.

Baca juga: Dorong Revisi Undang-Undang Pesantren

bangunan SDN Jombatan 1 yang tidak berubah

bangunan SDN Jombatan 1 yang tidak berubah

Penulis buku ini menyebut perbuahan nama kembali terjadi di tahun 1988, saat ia masuk kelas 3. Nama SR Latihan, diganti menjadi SR Bhineka. Nama ini bertahan sampai dia lulus di tahun 1961 dan beberapa tahun berikutnya. Hal itu, ditunjukkannya lewat foto lama bersama teman-teman dan gurunya. “Foto ini diambil tahun 1961 saat saya selesai ujian akhir dan mau kelulusan. Foto ini diambil di halaman depan sekolah,” tambah dia.

Hingga kini, nama sekolah telah berubah lagi menjadi SDN Jombatan I. Kendati demikian, bangunan sekolah hampir tak berubah. Selain beberapa perbaikan kecil dan bangunan tambahan, seperti gedung perpustakaan di sisi barat dan bangunan kamar mandi di belakang kelas.

“Kalau bangunannya tetap di depan makam, bisa dilihat kan  masih bangunan kuno, bangunan Belanda, lokasinya juga tidak berubah,” pungkasnya.

(jo/riz/jif/JPR)

 TOP