alexametrics
Sabtu, 15 May 2021
radarjombang
Home > Kota Santri
icon featured
Kota Santri

Murojaah Disimak Orang Tua

01 Mei 2021, 08: 20: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

PULANG: Santri ini menunggu giliran dijemput orangtua.

PULANG: Santri ini menunggu giliran dijemput orangtua.

Share this      

JOMBANG – Momen mudik bagi santri yang paling ditunggu, tak membuat setoran hafalan libur. Di Pondok Pesantren Al Hikmah Nurul Quran Bendungrejo Jogoroto misalnya, santri tetap diberi tugas khusus. Di antaranya, murojaah dengan panduan orang tua bagi santri program tahfidz.

”Tetap kami berikan tugas agar terbiasa melakukan kegiatan yang menjadi rutinitas pondok,” ucap Muhdi Surur Pengasuh Pondok Pesantren Al Hikmah Nurul Quran Bandungrejo Jogoroto, kemarin.

Ia menyampaikan, santri diperbolehkan pulang sejak 27 April sampai 1 Juni nanti. Liburan yang cukup lama, namun tugas dari pesantren harus diingat. Yaitu kelas binnadhor, menulis Alquran khitabah selama di rumah. Serta murojaah (setoran hafalan) setiap hari dengan disimak orang tua masing-masing.

Baca juga: Pelanggan Jadi Kecele karena Penjual Kembang Dipindah ke PCN

Surur mengatakan, tugas ini diberikan agar santri dapat mempertahankan hasil belajar selama di pondok. Tidak terlena dengan situasi libur lebaran. ”Sehingga di rumah tidak mengulang pembelajaran dari awal, apalagi saat ini liburan sangat lama,” tambahnya.

Sementara itu, suasana pondok pesantren saat pemulangan santri terlihat haru biru karena berpisah dengan teman sepondok. Santri berangsur pulang dengan dijemput orangtua masing-masing. Dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan, jam penjemputan santri dibatasi. Pagi mulai pukul 08.00-10.00, sore 14.00-16.00 dan malam hari setelah salat tarawih.

(jo/wen/jif/JPR)

 TOP