alexametrics
Sabtu, 15 May 2021
radarjombang
Home > Olahraga
icon featured
Olahraga

Berkarate dalam Keseharian Akan Menemukan Myo

01 Mei 2021, 08: 25: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Berkarate dalam Keseharian Akan Menemukan Myo

Share this      

Ajaran karate ke-10 yakni masukkan karate dalam keseharianmu maka kamu akan menemukan myo alias rahasia yang tersembunyi. Mulai bangun tidur hingga tidur lagi, tidak sedetikpun lepas dari karate. ’’Bahasa Jepangnya; Arai-yuru mono o karate-ka seyo, soko ni myo-mi ari. Inggrisnya; Put your everyday living into karate and you will find myo,’’  kata Ketua Harian Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Jombang, Kwat Prayitno,60, kemarin.

Kian tekun kita mempelajari ilmu-ilmu karate, maka semakin menemukan ketidaktahuan, kekurangan serta rahasia yang tersembunyi didalamnya. Ilmu karate dapat diterapkan tidak hanya dalam latihan di dojo saja. Tetapi juga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan bermanfaat untuk kesehatan. Serta kesempurnaan pribadi seseorang baik jiwa maupun raga.

’’Karateka baru akan bisa berprestasi jika sudah menjadikan karate sebagai nafas dan denyut nadinya,’’ terang anggota dewan guru Inkanas nasional ini. Bangun tidur, dia langsung menjalankan program latihan. Ketika makan dan minum, dia akan berpikir sebagai seorang atlet. Tidak boleh makan berlebihan yang bisa mengganggu program latihan. Misalnya berlebihan makan sehingga bobot tubuhnya melebihi kelas yang biasa diikuti dalam kejuaraan.

Baca juga: Paralayang Persiapan Liga Jatim Seri Satu

Jelang tidur juga menjalankan program latihan. Dia mengatur istirahatnya agar tidak sampai berlebihan maupun kurang. ’’Ketika sudah  menerapkan pola kehidupan atlet dalam kehidupan sehari-hari, pasti akan menemukan buahnya,’’ tegasnya. Yakni kenikmatan dalam menjalankan program latihan. Serta meraih prestasi yang diimpikan.

’’Seorang karateka harus bisa menjalankan sumpah karate dalam kesehariannya,’’ pesan pemegang sabuk hitam karate Dan VII ini. Lima sumpah karate yakni sanggup memelihara kepribadian, sanggup patuh pada kejujuran, sanggup mempertinggi prestasi, sanggup menjaga sopan santun dan sanggup menguasai diri.

Dalam berwirausaha, prinsip ini juga sangat penting. ’’Pengusaha yang menjalankan sumpah karate dalam kesehariannya pasti akan sukses,’’ tegasnya. Karena dia melayani dengan pribadi yang baik,  jujur, selalu sopan dan santun. Serta sanggup menguasai diri alias tidak gampang marah pada pembeli.

Dalam berhubungan dengan Tuhan, prinsip ini juga sangat penting. ’’Dalam keseharian, kita harus selalu setia di jalan Tuhan. Sesuai kehendak Tuhan,’’ tegasnya.

Selama bersama Tuhan, kita akan kuat dan sukses menghadapi apapun. ’’Orang menjadi nakal atau tidak baik itu kan karena sedang lupa Tuhan,’’ tegasnya. Makanya kita harus selalu berusaha menyertakan Tuhan dalam setiap keadaan.

(jo/jif/jif/JPR)

 TOP