alexametrics
Sabtu, 15 May 2021
radarjombang
Home > Events
icon featured
Events

Bupati Dukung Apresiasi Mewarna Diadakan Setiap Tahun

12 April 2021, 20: 20: 52 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Bupati Dukung Apresiasi Mewarna Diadakan Setiap Tahun

Share this      

JOMBANG – Bupati Hj Mundjidah Wahab mendorong agar kegiatan apresiasi mewarna yang digelar Jawa Pos Radar Jombang bersama Himpaudi dijadikan agenda rutin. Kegiatan dalam rangka peringatan Hari Kartini itu dinilai sangat bermanfaat. ’’Apresiasi mewarna bisa mengembangkan bakat anak yang sudah terlihat sejak kecil. Ini sangat bagus diadakan setiap tahun,’’ tuturnya kala membuka babak final apresiasi mewarna mamamia di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, kemarin.

Mundjidah lalu mencontohkan putrinya, Ema Umiyatul Chusna. Saat kecil, dia sering juara mewarna dan melukis. ’’Lulus sekolah, akhirnya minta kuliah jurusan arsitek,’’ terangnya. Karena senang menggambar, tiap hari kuliah bergelut dengan kertas dan gambar pun tidak mengeluh.

Mewarna juga melatih fokus dan  konsentrasi. ’’Kalau tidak fokus,  mewarnainya bisa keluar garis dan jembret,’’ terangnya. Kemampuan fokus dan konsentrasi ini sangat penting untuk mendukung belajar anak di masa depan. Anak yang mudah fokus dan konsentrasi akan lebih sukses dalam hal belajar maupun pekerjaan.

Baca juga: Apresiasi Muwadda’ah Sistem Drive Thru

Bupati perempuan pertama di Jombang ini menjelaskan, mewarna juga berguna untuk mendorong anak agar senang belajar. Setelah terampil memegang krayon, mereka akan terampil memegang pensil untuk menulis.

Setelah senang melihat gambar, mereka akan senang membaca. ’’Untuk mewujudkan Indonesia maju, kuncinya adalah melalui pendidikan. Kegiatan ini membuat anak-anak tumbuh menjadi generasi berpendidikan,’’ paparnya.

Dalam apresiasi mewarna, karya anak dinilai. Ini membuat mereka berani berkarya dan berkompetisi. ’’Ini sesuai visi mewujudkan Jombang berkarakter dan berdaya saing,’’ terangnya. Anak-anak yang kreatif akan punya keunggulan untuk memenangkan persaingan global.

Pada kesempatan itu, Mundjidah juga menyampaikan terima kasih kepada Jawa Pos Radar Jombang yang turut memajukan pendidikan Jombang. ’’Terima kasih kepada Radar Jombang yang ikut memajukan pendidikan Jombang dengan menayangkan karya siswa dan guru. Bisa masuk koran saja sudah senang. Sehingga pasti meningkatkan kualitas SDM pendidikan,’’ paparnya.

Sebelumnya, Direktur Jawa Pos Radar Jombang, M Nur Kholis mengatakan, penyelenggaraan event mewarnai termasuk wujud pengamalan Undang-Undang Pers nomor 40/1999. ’’Dalam pasal 3 disebutkan, salah satu fungsi pers yakni sebagai media pendidikan,’’ tegasnya.

Inilah sebabnya Jawa Pos Radar Jombang bekerja sama dengan semua instansi pendidikan. Serta rutin mengadakan event bersama institusi pendidikan.  ’’Ke depan, kerja sama akan kita tingkatkan dengan menyediakan halaman khusus pendidikan,’’ ungkapnya.

Ketua Himpaudi Jombang, Tita Aniqowardani dalam laporannya menyampaikan, event mewarna diikuti 6.036 peserta dari 540 lembaga pada 29 Maret.

Kemarin merupakan babak final yang diikuti 23 peserta dari juara kecamatan. Tiap kecamatan satu finalis. Khusus Kecamatan Mojoagung dan Mojowarno dua finalis. ’’Kegiatan ini untuk mengembangkan ide kreatif anak, merekatkan hubungan ibu dan anak serta sebagai evaluasi pembelajaran di rumah selama pandemi,’’ bebernya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jombang Agus Purnomo memberikan apresiasi sukses penyelenggaraan mewarna mamamia.

.’’Kegiatan ini sangat efektif untuk merekatkan hubungan emosional anak dan orang tua serta untuk mengembangkan potensi siswa,’’ urainya. Dia berharap event itu dijadikan agenda tahunan. ’’Himpaudi dan IGTK bisa menggelar kegiatan seperti ini setiap tahun,’’ pungkasnya.

(jo/jif/jif/JPR)

 TOP