alexametrics
Sabtu, 15 May 2021
radarjombang
Home > Events
icon featured
Events

Apresiasi Mewarna Kembangkan Bakat Siswa

10 April 2021, 17: 31: 31 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter PAUD, Hari Supriadi

Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter PAUD, Hari Supriadi

Share this      

KASI Peserta Didik dan Pembangunan Karakter PAUD Dinas P dan K Jombang Hari Supriadi, mendukung apresiasi mewarna mamamia yang digelar Jawa Pos Radar Jombang bersama Himpaudi. Kegiatan dalam rangkaian Hari Kartini ini sangat efektif  untuk melatih motorik halus siswa.

Ia berpendapat, goresan tangan anak saat memegang krayon memerlukan koordinasi mata dan otot halus tangan. Mewarnai melatih anak memegang krayon dengan benar. “Ini menjadi dasar agar anak bisa memegang pensil dengan benar untuk menulis,” katanya.

Mewarnai juga membuat anak mampu mengendalikan emosi dalam beraktivtas motorik halus. Anak dituntut sabar dalam mewarna agar hasilnya bagus. ’’Ini juga meningkatkan pengetahuan siswa,’’ tambah dia. Pengalaman mewarna membuat anak paham macam-macam warna. Mereka juga memahami efek tiap warna pada gambar.

Baca juga: Pertemuan Batal Digelar

’’Kegiatan ini juga bisa mengembangkan bakat anak,’’ jelasnya. Anak yang berbakat, pasti akan menyelesaikan gambarnya. Semua bagian diwarnai bahkan diblok.  ’’Bahkan anak akan menyelesaikan sendiri gambarnya. Tidak mau dibantu orang tua,’’ ungkapnya.

Sebaliknya, anak yang kurang berbakat tidak akan mewarnai sampai selesai. ’’Baru diwarnai sedikit akan ditinggal,’’ terang Hari. Manfaat lainnya, mengasah komunikasi sosial anak dengan orang tua, guru dan teman. Ini akan membuat anak cakap bersosialiasi sehingga bisa berprestasi di tengah masyarakat.

Pelaksanaan Grand final lomba ini bertempat di Dinas P dan K pada 11 April 2021 akan diikuti 23 siswa. Diambil juara 1 hingga harapan 3. Manajer Pemasaran Jawa Pos Radar Jombang Moch Faisol, mendukung penuh pelaksanaan kegiatan. Dokumentasi foto dan video saat mewarna dari tiap peserta dan lembaga akan ditampilkan di channel YouTube Jawa Pos Radar Jombang.

Event ini didukung oleh Bank Jatim Cabang Jombang, RSUD Jombang, PT Indomarco Prismatama (Indomaret), Honda Anyar Motor, Keraton BBJ Jombang dan Kecap cap Ikan Dorang dan Alfamart.

(jo/jif/jif/JPR)

 TOP