alexametrics
Jumat, 23 Apr 2021
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah
Buka 10 Rombel, Separo dari Jalur Zonasi

SMAN Jogoroto Sambut PPDB

08 April 2021, 08: 40: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Wawang Hoetawarman Kepala SMAN Jogoroto

Wawang Hoetawarman Kepala SMAN Jogoroto

Share this      

JOMBANG – Menyambut penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2021, SMAN Jogoroto sudah melakukan persiapan. Mulai dari sosialisasi hingga teknis pendaftaran. Sekolah ini membuka 10 rombongan belajar (rombel) dengan jumlah 350 siswa. Separo dari jalur zonasi.

Wawang Hoetawarman Kepala SMAN Jogoroto menjelaskan, persiapan sudah dilakukan setelah mengikuti pertemuan sosialisasi pelaksanaan PPDB dengan provinsi beberapa waktu lalu. Hasil sosialisasi itu untuk teknis pendaftaran sudah diterima. Mulai dari pra pendaftaran hingga pendaftaran. ’’Untuk pra pendaftaran sudah kami sampaikan ke MKKS SMP dan sederajat. Mulai Maret-Apil dilaksanakan secara online,’’ imbuhnya.

Tahapan pra hingga pendaftaran misalnya, lanjut Wawang, entry nilai rapor kepala SMP dan sederajat dilaksanakan pada 5-10 April. Sementara verifikasi dilaksanakan selama dua hari (12-14 April). Sedangkan pembetulan nilai rapor kepala SMP dan sederajat dilaksanakan pada 12-17 April. ’’Terakhir pengambilan PIN dilaksanakan 19 April sampai 31 Mei. Pelaksanaannya secara online mulai awal sampai akhir. Waktunya dibuka pukul 01.00-24.00,’’ sambungnya.

Baca juga: Tetap Fit dengan Olahraga Rutin

Disampaikan tahapan berikutnya, untuk PPDB tahap pertama untuk jalur afirmasi, perpindahan tugas orang tua atau wali murid dan prestasi hasil lomba. Pendaftarannya dimulai 3-4 Mei. Kemudian verifikasi dan validasi SMA pada 4-6 Mei. “Sehari setelah itu pengumuman.  Konfirmasi siswa yang diterima terjadwal 7-8 Mei. Semua dilaksanakan online juga,’’ terang dia.

Untuk latihan pendaftaran tahap dua hingga tahap lima, kata Wawang, dilaksanakan pada 9-19 Mei. ’’Selanjutnya PPDB tahap dua atau jalur prestasi nilai akademik, dimulai pada 20-22 Mei, dan penutupan 22 Mei. Dilanjutkan pengumuman 23 Mei, lalu konfirmasi siswa yang diterima 23-24 Mei,’’ urai Wawang. Sedangkan pendaftaran tahap empat atau jalur zonasi dilaksanakan pada 27-29 Mei pendaftaran. ’’Ditutup pada 29 Mei. Pengumuman 30 Mei dan konfirmasi dilaksanakan pada 30-31 Mei,’’ paparnya.

Di sekolahnya, bakal membuka 10 rombel dengan jumlah  350 siswa. Masing-masing rombel terdiri dari 35 siswa. ’’Jadi dari 10 kelas ini terdiri lima kelas IPA, empat kelas IPS, serta satu kelas Bahasa,’’ beber dia. Teknisnya sudah ditentukan dari 10 rombel tersebut. ’’Untuk SMAN Jogoroto dari 350 siswa, untuk jalur zonasi separo atau 175 siswa. Sisanya untuk jalur prestasi nilai akademik dan jalur afirmasi, perpindahan tugas orang tua dan prestasi hasil lomba,’’ beber dia.

Dia menjelaskan, jalur zonasi diambil dari separo rombel. “Misal sekolah kita 10 rombel, sehingga 35 dikalikan 10 jadi 350 siswa. Maka, jalur zonasi ini diambil separo atau 175 siswa,’’ rinci Wawang kembali. Sehingga wali murid yang mempunyai anak di sekitar sekolah berpeluang besar masuk ke sekolah yang dia pimpin. ’’Jadi yang rumahnya dekat dengan sekolah pasti diterima. Pokoknya memenuhi persyaratan,’’ pungkas Wawang.

(jo/fid/jif/JPR)

 TOP