alexametrics
Jumat, 23 Apr 2021
radarjombang
Home > Hukum
icon featured
Hukum

Tiga Saksi Kembali Dihadirkan

Sidang Kasus DD Mojowarno

08 April 2021, 08: 05: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Tiga Saksi Kembali Dihadirkan

Share this      

JOMBANG – Sidang ketiga kasus dugaan korupsi dana desa (DD) Mojowarno dengan terdakwa mantan Kades Mojowarno Catur Budi Setyo, kembali digelar di pengadilan Tipikor Surabaya, Selasa (6/4). Dalam sidang itu, tiga saksi kembali dihadirkan JPU.

“Jadi untuk sidang kemarin, pemeriksaan saksi tiga orang dihadirkan, pejabat dari pemkab semua,” terang Andi Sebangun Kasi Intelejen Kejaksaan Negeri Jombang. Tiga orang yang hadir itu terdiri dari dua pegawai DPMD dan satu pegawai Dinas Perkim Jombang.

Ketiganya didatangkan berkaitan dengan perkuatan substansi dakwaan. “Mereka menerangkan sistematis pelaksanaan DD waktu itu, sesuai materi dakwaan JPU berkaitan dengan dugaan korupsi yang dilakukan terdakwa selama menjabat,” lanjutnya.

Baca juga: Minggu Depan Putusan Sela

Usai pemeriksaan tiga saksi, sidang kembali ditunda sampai pekan depan. Andi, menyebut agenda sidang selanjutnya adalah pemeriksaan ahli. “Untuk ahli kita akan mendatangkan dari Inspektorat Jombang dan ITS, pelaksanaannya minggu depan,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Satreskrim Polres Jombang menetapkan Catur Budi Setyo eks Kades Mojowarno sebagai tersangka. Dia diduga menyimpangkan anggaran pembangunan proyek fisik yang didanai dari dana desa tahun anggaran 2018. Dari hasil audit, diduga mengakibatkan kerugian negara mencapai Rp 281 juta.

Catur juga telah ditahan di Lapas Klas IIb Jombang sebagai titipan dari Kejari Jombang, sejak 2 Maret 2021 lalu. Penahanan dilakukan setelah berkas dinyatakan lengkap atau P21 dan pelimpahan tahap dua.

(jo/riz/jif/JPR)

 TOP