alexametrics
Jumat, 23 Apr 2021
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Hari Pertama PTM, Bupati Sidak ke Sekolah-Sekolah

Pastikan PTM Terapkan Prokes

07 April 2021, 09: 56: 28 WIB | editor : Rojiful Mamduh

PANTAU PTM: Bupati Jombang Mundjidah Wahab dan Wabup Sumrambah bersama forkopimda memantau pelaksanaan PTM di SMAN 3 Jombang.

PANTAU PTM: Bupati Jombang Mundjidah Wahab dan Wabup Sumrambah bersama forkopimda memantau pelaksanaan PTM di SMAN 3 Jombang. (ANGGI FRIDIANTO/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Hari pertama pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas mulai jenjang SD/MI-SMP/MTs dan SMK/SMA maupun MA negeri/swasta di Kabupaten Jombang berjalan lancar kemarin (6/4). Bupati melakukan monitoring ke sejumlah sekolah untuk memastikan pelaksanaan PTM mematuhi protokol kesehatan (Prokes).

Sedikitnya ada 18 sekolah mulai SD-SMA maupun madrasah di lingkup Kemenag Jombang yang disidak jajaran forkompinda. Bupati membagi sejumlah tim yang terdiri dari unsur, pejabat di lingkup pemkab, Kemenag, unsur IDI serta personel kepolisian dan TNI.

SMAN 3 Jombang menjadi salah satu sekolah yang didatangi rombongan bupati. Setibanya di sekolah, bupati menyisir sejumlah sejumlah kelas. ”Alhamdulillah di SMAN 3 Jombang sudah sesuai prokes. Tadi saya pantau mulai dari gerbang depan ada Satgas Covid-19 sekolah yang mengecek suhu badan serta mengarahkan ke tempat cuci tangan,’’ ujar dia, kemarin(6/4).

Baca juga: Oleng, Carry Hantam Pembatas Tol

Setelah itu, bupati dan jajaran memantau implementasi PTM dua sif. Dia menyampaikan, implementasi itu cukup efektif di masa awal PTM ini sebab jumlah siswa yang berada di kelas maksimal 50 persen. ”Kita lakukan monitoring salah satunya untuk memastikan PTM di kelas,’’ tambahnya.

Sejauh ini, dari semua sekolah di Jombang sekitar 80 persen sudah melaksanakan PTM. Sisanya 20 persen belum melakukan PTM karena tenaga pendidik dan kependidikannya belum mendapat vaksinasi dosis kedua. ”20 persen ini masih persiapan. Kalau mereka sudah divaksin semua, maka baru kita izinkan tatap muka di sekolah dengan penerapan prokes,’’ tambahnya.

Usai memantau PTM di SMAN 3 Jombang, bupati dan rombongan kemudian bergeser ke SDN Blimbing di Kecamatan Gudo. Di lokasi kedua ini, bupati juga memastikan jika PTM benar-benar dilaksanakan dengan penerapan prokes ketat.

Terakhir, bupati memantau implementasi PTM di SMPN 2 Ngoro. ”Selain kita imbau agar tetap mematuhi prokes, anak-anak juga kita imbau agar langsung pulang sepulang sekolah. Di sini kita diharapkan peran serta orang tua untuk ikut mengawasi anak-anak mereka,’’ jelas dia.

Terpisah, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur wilayah Jombang Trisilo Budi Prasetyo mengatakan, dari laporan yang diterima, sebagian SMA-SMK belum siap PTM. ”Ya sesuai dengan instruksi ibu bupati, kalau vaksinasi jadi acuan. Jika gurunya belum divaksin dua kali maka tidak kita izinkan menggelar PTM,’’ terangnya.

Dijelaskan, dari total 134 SMA/SMK negeri maupun swasta di Jombang, sebanyak 90 persen sudah melaksanakan PTM. Sisanya 10 persen belum. ”Seperti SMA Budi Utomo Perak itu kan siswanya banyak. Jadi sekarang masih tetap pembelajaran daring,’’ pungkasnya.

(jo/ang/jif/JPR)

 TOP