alexametrics
Jumat, 23 Apr 2021
radarjombang
Home > Kota Santri
icon featured
Kota Santri
Konsisten Cetak Prestasi

MAN 3 Jombang, Kaya Juara dan Karya

Kembangkan Budaya Literasi

07 April 2021, 08: 30: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Hasil seleksi SNMPTN 2021

Hasil seleksi SNMPTN 2021

Share this      

JOMBANG – MAN 3 Jombang di PP Bahrul Ulum Tambakberas, konsisten meraih prestasi. Meski pandemi Covid-19, sejumlah penghargaan tingkat lokal hingga tingkat nasional berhasil diraih dengan sempurna.

“Alhamdulillah MAN 3 Jombang sejak 2020 sampai tahun ini, berhasil menyabet 98 penghargaan, baik yang didapatkan siswa, guru maupun sekolah secara umum,” terang Sutrisno Kepala MAN 3 Jombang.

Selama 2020, saat Pandemi Covid-19 melanda, jelasnya, seluruh kegiatan madrasah memang dilakukan dengan sangat terbatas. Namun hal ini tak mengurangi semangat dari guru dan siswa untuk terus meraih prestasi di segala bidang. “Ini juga berkat izin para kiai di lingkup Pondok Pesantren Bahrul Ulum yang terus mendukung, karena seluruh kegiatan di madrasah pasti berhubungan dengan institusi pondok,” lanjutnya.

Baca juga: Jasa Orang Tua

Hasil seleksi SNMPTN 2021

Hasil seleksi SNMPTN 2021

Seperti salah satu siswi yang berhasil meraih medali emas atau juara 1 Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO) bidang ekonomi tingkat nasional oleh Direktorat KSKK Kementerian Agama RI. “Selain itu, ada lima medali emas di ajang Olimpiade Pahlawan Sains Indonesia (OPSI) tingkat nasional untuk mapel Kimia, Gorafi, Matematika dan Geografi,” rincinya.

Yang juga membanggakan, lanjut dia, salah satu siswa MAN 3 Jombang berhasil meraih juara 3 Best Design MRC bidang Robotik pada lomba yang diadakan Direktorat KSKK Kementerian Agama RI Februari lalu. “Ini juga bentuk keseriusan kami untuk membentuk karakter agama dan sains yang berimbang di madrasah. Jadi santri tidak hanya fasih mengaji tapi juga unggul dalam sains,” tambah Sutrisno.

Ia menyebut, seder prestasi non akademik lain yang juga cukup membanggakan. Terpilihnya MAN 3 Jombang sebagai pemilik perpustakaan madrasah dengan predikat mentereng. “Jadi untuk perpustakaan madrasah ini terakreditasi A, artinya sangat baik dalam inovasi maupun pelayanan,” imbuhnya. Selain terus menambah dan meningkatkan budaya literasi siswa dan siswi, keberadaan perpustakaan yang nyaman akan menaikkan minat baca dan kemauan siswa.

Keseriusan MAN 3 Jombang dalam mengembangkan budaya literasi ini juga terlihat pada 7 buku yang sudah terbit. Buku itu karya orisinil siswa, pendidik, hingga kepala madrasah. Dia juga menyampaikan, ada 38 siswa yang berhasil lolos SNMPTN di beberapa perguruan tinggi negeri. Satu siswa lainnya, atas nama Rahyd Rayhan Herman (XII IPA 1) berhasil diterima di UI dari seleksi jalur prestasi dan pemerataan kesempatan belajar (PPKB).

“Khusus yang buku saya ini tentang praktik literasi dengan kearifan lokal di pesantren dan Jombang. Sehingga membuat rasa senang dan gembira bagi siswa dan guru ikut kegatan literasi, kebiasaan menulis dan membaca, juga menulis buku,” pungkasnya.

(jo/riz/jif/JPR)

 TOP