alexametrics
Jumat, 23 Apr 2021
radarjombang
Home > Olahraga
icon featured
Olahraga

Cabor Selam Hidup Lagi

Setelah Mati Tiga Tahun

06 April 2021, 08: 05: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

LEPAS: Fita Rachma Ardana, salah satu peselam Jombang saat berlatih di laut Situbondo 2020.

LEPAS: Fita Rachma Ardana, salah satu peselam Jombang saat berlatih di laut Situbondo 2020.

Share this      

JOMBANG – Cabang olahraga selam kembali dihidupkan. Ini setelah kemarin KONI memfasilitasi pembentukan pengurus baru Persatuan Olah Raga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Jombang.  ’’Yang terpilih menjadi ketua, Alam Abdurrahman Aldani,” kata Ketua KONI Jombang, Heru Ariwanto, kemarin.

Pembentukan pengurus POSSI diharapkan bisa meningkatkan prestasi peselam Jombang. Terutama agar dapat menyumbang medali di porprov 2022.

Sejak 2018, POSSI Jombang dinonaktifkan karena tak punya atlet. Pada 2019, renang absen dalam kejurda dan porprov. Pasalnya, pengurus renang hanya mau mengirim atlet jika masuk limit tiga besar Jatim.

Baca juga: Tim Belum Terbentuk, Izin 3 Tower Keluar

Kebijakan ini dinilai bisa mematikan semangat perenang. Melihat tidak ada masa depan di renang, sejumlah atlet akhirnya beralih ke selam. Dengan adanya POSSI Jombang, para atlet berharap terbuka peluang untuk tampil di kejurda maupun porprov.

Heru mengatakan, syarat pendirian cabor selam sudah terpenuhi. Yakni minimal ada tiga klub yang aktif melakukan pembinaan. Juga ada calon atlet selam yang aktif latihan.

Sebelum membentuk kepengurusan baru, koordinasi dengan pengurus POSSI Jatim sudah dilakukan. Hasil pembentukan pengurus kemarin akan diajukan ke provinsi untuk mendapatkan SK.

’’Setelah SK dari provinsi turun, kami akan membuat berita acara penetapan selam sebagai anggota KONI Jombang,” jelas Heru.

Selanjutnya, KONI akan memantau pembinaannya. Setahun berikutnya, jika sudah dapat membuktikan eksistensinya, baru akan mendapatkan dana pembinaan.

Heru berharap, selam bisa berprestasi di porprov 2022. ”Ketua terpilih merupakan pelatih dan atlet berestasi. Saya berharap bisa membuat adik-adiknya dapat medali di porprov,” ucap Heru.

Ketua POSSI terpilih, Alam Abdurrahman, menyatakan, dia akan mengembangkan program yang dipakai selama berlatih dan berkarir hingga kancah nasional. ’’Target saya, dalam waktu dekat atlet selam Jombang bisa mendapat prestasi podium di porprov Jatim,” pungkas Alam.

(jo/wen/jif/JPR)

 TOP