alexametrics
Jumat, 23 Apr 2021
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Ada 56 Siswa SMAN 2 Jombang Lolos SNMPTN 2021

Terbaik se-Jombang, Langganan Juara

06 April 2021, 08: 30: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Budiono Kepala SMAN 2 Jombang

Budiono Kepala SMAN 2 Jombang

Share this      

JOMBANG – Tak diragukan lagi,  SMAN 2 Jombang selalu unggul dalam prestasi. Tahun ini, SMAN 2 Jombang dinobatkan sebagai SMAN terbaik se-Jombang sebagai sekolah yang berhasil mengantarkan siswanya lolos SNMPTN 2021 paling banyak.

Kepala SMAN 2 Jombang Budiono merasa bangga dengan prestasi yang diraih siswa. Jumlah siswa yang berhasil lolos seleksi SNMPTN 2021 meningkat dari tahun lalu. ”Alhamdulillah atas kerja keras bapak ibu guru dan siswa-siswi, ada peningkatan signifikan. Jika 2020 ada 25 siswa yang diterima, sekarang menjadi 56,’’ ujarnya.

Jumlah tersebut, belum termasuk siswa yang lolos jalur PMDK 2021 di Universitas Sebelas Maret Solo. ”Laporan awal ada 9 siswa yang lolos PMDK di UNS. Dan kami masih menunggu yang berhasil lolos di universitas lain,’’ tambahnya.

Baca juga: Jelang Puasa, Harga Daging Ayam Naik

INOVASI: SMAN 2 Jombang mengadakan pembelajaran kolaborasi antara daring dan luring.

INOVASI: SMAN 2 Jombang mengadakan pembelajaran kolaborasi antara daring dan luring.

Menurut Budi, ada tiga kunci sukses siswanya bisa lolos SNMPTN. Pertama, konsolidasi guru mata pelajaran tentang penilian siswa. Sebagai sekolah unggulan, SMAN 2 Jombang selalu menjaga kualitas nilai siswa. Kedua, memberi pemahaman kepada siswa dan orang tua siswa tentang penyekoran SNMPTN dan passing grade program studi yang ada di perguruan tinggi negeri. ”Itu kita bantu bersama guru BK,’’ tambahnya.

Terakhir yang ketiga, memberi aplikasi sederhana kepada siswa menggunakan google sheets sebelum SNMPTN. Aplikasi yang dimaksud berisi data alumni, rangking, posisi pilihan termasuk perguruan tinggi yang dituju dengan teman mereka lain. ”Seperti yang kita tahu, masing-masing sekolah memiliki batas kuota untuk bisa masuk ke satu PTN. Jadi kita harus petakan,’’ jelas dia.

Selama pandemic, SMAN 2 Jombang tak pernah berhenti berkarya. Mereka tetap eksis dengan tetap mengikuti berbagai macam lomba tingkat nasional. Pada 2020, siswa SMAN 2 Jombang berhasil meraih juara 2 Karya Tulis Ilmiah (KTI) di Universitas Brawijaya dan juara 2 KTI di Universitas Airlangga Surabaya. Tahun ini, juga berhasil meraih juara 2 KTI dan juara 1 lomba video edukasi tingkat nasional di Universitas Islam Malang.

Selain itu, SMAN 2 Jombang juga berhasil meraih juara 1 lomba poster edukasi dan juara 3 lomba pidato di Unisma 2021. Serta juara 1 dan 2 tingkat nasional di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. ”Siswa kami atas nama Hilmy Alfadel juga berhail menjadi Duta Bea Cukai Nasional yang diselenggarakan secara virtual,’’ pungkasnya.

(jo/ang/jif/JPR)

 TOP