alexametrics
Jumat, 23 Apr 2021
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Jelang Puasa, Harga Daging Ayam Naik

06 April 2021, 08: 20: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

DICARI: Daging ayam paling dicari saat menjelang bulan suci Ramadan seperti sekarang.

DICARI: Daging ayam paling dicari saat menjelang bulan suci Ramadan seperti sekarang.

Share this      

JOMBANG - Menjelang bulan suci Ramadan, harga daging ayam broiler di sejumlah pasar tradisional, perlahan merangkak naik. Jika permintaan naik, harganya bisa tembus Rp 34 ribu perkilo.

“Harga ayam naik turun, dari mulai Rp 24 ribu perkilo, kemudian naik menjadi Rp 25 ribu per kilogram," kata Ningsih, salah seorang penjual daging ayam di Pasar Ngoro. Pekan kemarin, harga jual daging ayam naik lagi menjadi Rp 30 ribu per kilogram. Saat ini sudah tembus Rp 34 ribu per kilogram. "Ya biasanya menjelang puasa seperti ini naik terus," imbuhnya.

Kendati harganya cenderung naik, ia menyebut permintaan pasar masih cukup tinggi seiring dengan banyaknya masyarakat yang mengadakan kegiatan menyambut bulan suci Ramadan. "Ya mungkin banyak acara jadi permintaan masih cukup tinggi," ungkap dia.

Baca juga: MAN 7 Jombang Siap PTM

Hal senada disampaikan Bela, salah satu pedagang ayam di Pasar Mojowarno, yang menyebut kenaikan harga ayam dirasakan sejak pertengahan bulan lalu. Menurut dia, kenaikan harga ayam dikarenakan harga pakan ternak yang juga mengalami kenaikan. Selain itu, banyak peternak yang belum memasuki masa panen. "Jadi ini saya ambil di Nganjuk dan Malang," bebernya.

Sementara itu, Wati salah satu pembeli mengeluhkan kenaikan harga daging ayam yang terus bergerak. Karena memang kebutuhan daging ayam sangat dibutuhkannya untuk melengkapi menu makanan di warung. "Kalau semua harga naik ya bagaimana. Harapan saya harganya bisa stabil," celetuknya.

Sebab, saat ini harga kebutuhan pokok juga perlahan merangkak naik seiring banyaknya permintaan masyarakat. Kecuali harga beras yang cenderung turun karena musim panen. "Harga semua mahal, tapi pemasukan sulit, tentu ya berat," pungkas dia.

(jo/yan/jif/JPR)

 TOP