alexametrics
Jumat, 23 Apr 2021
radarjombang
Home > Kota Santri
icon featured
Kota Santri
MAN 6 Jombang Bekali Siswa Keterampilan

Lahirkan Entrepreneur Mandiri, Madrasah Segudang Prestasi

05 April 2021, 18: 05: 28 WIB | editor : Rojiful Mamduh

VISIONER: Fahmi Amrullah, kepala MAN 6 Jombang foto di depan plakat madrasah.

VISIONER: Fahmi Amrullah, kepala MAN 6 Jombang foto di depan plakat madrasah.

Share this      

JOMBANG – Berbicara tentang prestasi, tak lepas dari kata MAN 6 Jombang. Dengan segudang prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik, MAN 6 Jombang berhasil mengantarkan siswa-siswinya, menjadi interpreneur muda yang bisa mandiri di usia remaja.

”Kita memiliki program unggulan entrepreneur. Di antaranya tata boga, tata busana, multimedia, dan teknik komputer dan jaringan,” kata Fahmi Amrullah, kepala MAN 6 Jombang.

MAN 6 Jombang terletak di Desa Murukan, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Mojokerto. Meski secara geografis berada di wilayah pinggiran, MAN 6 Jombang menjadi salah satu madrasah berprestasi yang ada di Jombang.

Baca juga: Pesawat FC Kesamben Raih Juara Satu

KOMPAK: Fahmi Amrullah, kepala MAN 6 Jombang foto bersama jajaran guru dan staf.

KOMPAK: Fahmi Amrullah, kepala MAN 6 Jombang foto bersama jajaran guru dan staf.

Memasuki kantor utama MAN 6 Jombang, sederet piala dan piagam prestasi siswa-siswi terpajang dalam sebuah lemari etalase megah. Ini merupakan bukti torehan tinta emas yang berhasil diukir siswa-siswi MAN 6 Jombang.

Saking banyaknya, beberapa piala dan medali yang tak tertampung dan diletakkan di sejumlah tempat lain. ”Prestasi kami cukup banyak, ada yang bersifat akademik ada juga yang bersifat non akademik. Kami memiliki siswa-siswi yang berbakat di dunia olahraga. Saat ini ada yang sedang menempuh kuliah di Unesa,” katanya.

Deretan prestasi beragam, mulai tingkat lokal, regional Jawa Timur termasuk prestasi diajang tingjat nasional dan internasional.

Fahmi mengatakan, kekompakan guru dan staf MAN 6 Jombang patut diapresiasi, mengingat pengawalan prestasi siswa dilakukan totalitas. Sehingga para siswa bisa mengoptimalkan bakat dan minatnya, dan mendapatkan prestasi yang membanggakan madrasah. ”Dengan siswa-siswi, kami sudah menganggap anak sendiri. Kami mendorong agar siswa-siswi bisa berprestasi. Contohnya ada yang berbakat di lomba lari dia mau ikut kompetisi tapi terhalang administrasi, seperti AKTA kelahiran, bahkan kita sampai mengurus sedetail itu agar siswa kami bisa mendapatkan apa yang dia inginkan,” ulasnya.

Sebagai MAN program vokasi, MAN 6 membekali lulusan dengan keterampilan yang siap terjun di dunia usaha dan industri. Dengan dukungan pengajar lulusan S1 dan S2 yang dimiliki madrasah, maka MAN 6 siap untuk berkompetisi dengan madrasah lain.

Bekal prestasi yang banyak saja tidak cukup. Fahmi juga membekali siswanya dengan keterampilan entrepreneur. Diantaranya adalah tata boga, tata busana, multimedia, dan teknik komputer dan jaringan.

Program ini menjadi salah satu program unggulan MAN 6 Jombang. Pasalnya, melalui kegiatan tersebut, siswa yang tidak akan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, bisa memanfaatkan ilmu yang sudah diberikan untuk menciptakan lapangan kerja secara mandiri.

Melalui bekal keterampilan yang diberikan, siswa MAN 6 Jombangbisa mandiri setelah lulus dari sekolah.Ada yang sudah memanfaatkan ilmunya dibidang multimedia yaitu video shooting dan foto desain.

Sedangkan dengan keterampilan tata boga, beberapa siswa sudah membuka jasa pemesanan kue untuk hajatan dan kue ulang tahun. Program unggulan lain yaitu bahasa Inggris dengan bekal keterampilan speaking English, dan keagamaan yaitu itu ujian kitab kuning. ”Zaman yang semakin modern siswa harus menguasai lebih dari satu bahasa. Kita bekali dengan kemampuan bahasa Inggris agar bisa dimanfaatkan ketika nanti di perguruan tinggi atau di lapangan kerja yang baru,” ungkap pria asal Kecamatan Megaluh tersebut.

Sesuai dengan visi 6 Jombang yaitu islami, berprestasi, dan berbudaya. Lingkungan MAN 6 Jombang berupaya meningkatkan kualitas pendidikan di lingkungan kementerian agama, dengan perkembangan dan kemajuan teknologi.

MAN 6 Jombang memiliki keunggulan pada penggunaan teknologi SISMA (sistem informasi madrasah). Di sana bisa mengakses absensi siswa, pembelajaran, penilaian dan keuangan sehingga transparansi madrasah menjadi salah satu keunggulan yang ada di MAN 6 Jombang. Apalagi di tengah pandemi semua serba dilakukan secara online. ”Teknologi informasi yang terkoordinasikan melalui sistem informasi madrasah (SISMA)   yang terkoneksi dengan Web, menjadikan komitmen  bagi MAN 6 Jombang untuk memberi pelayanan informasi secara cepat, jelas, dan akuntabel,” terangnya.

Selain itu, melalui layanan ini juga bisa dijadikan ajang silaturahmi dan menggali masukan. ”Dari layanan ini pula, madrasah siap menerima saran dari semua pihak yang dapat memajukan madrasah dan dapat menjawab berbagai kebutuhan masyarakat,” jelasnya.

MAN 6 Jombang juga terkenal dengan gudangnya prestasi pramuka. MAN 6 juga memiliki anggota Kopaskama (komando Pasukan Pramuka MAN 6 Jombang). Anggotanya patut diperhitungkan, hampir di setiap kompetisi rajanya juara. ”Kami juara 1 dalam setiap kompetisi, terutama juara tingkat lingkungan hidup 2019, disusul dengan juara 2 lomba gugus unggul (LGU) tingkat provinsi,” pungkas Fahmi.

(jo/wen/jif/JPR)

 TOP