alexametrics
Jumat, 23 Apr 2021
radarjombang
Home > Kota Santri
icon featured
Kota Santri

Pertahankan Ciri Khas Masjid

02 April 2021, 08: 20: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

ZIARAH:  Makam pendiri masjid Al Hikmah, KH Syahid, banyak diziarahi warga.

ZIARAH: Makam pendiri masjid Al Hikmah, KH Syahid, banyak diziarahi warga.

Share this      

JOMBANG - Saat ini, luas bangunan Masjid Al Hikmah Balongrejo 360 meter persegi. Luas tanahnya 586 meter persegi dengan status tanah wakaf. Taufiq Djalil cerita, dulu di sisi selatan pengimaman ada ruang khusus yang biasa dipakai menyendiri oleh imam. Namun kini ruang itu sudah dihapus. ’’Pembangunan besar-besaran dilakukan setelah 1980,’’ terangnya. Yakni  pada era putra Kiai Arief. Baik KH M Romli Arief maupun KH Kholil Arief.

Saat renovasi dilakukan, kayu masjid lama tidak dibuang. ’’Yang masih bisa digunakan sesuai desain tetap dipakai. Yang tidak sesuai desain, diberikan ke masjid lain yang membutuhkan,’’ terangnya.

Ini sesuai pesan Kiai Arief, agar yang menyumbang tetap dapat aliran pahalanya. Karena yang disumbangkan dulu masih dipakai di masjid lain. Taufiq lalu mencontohkan bedug Masjid Al Hikmah. ’’Bedugnya masih ada. Tapi diberikan masjid lain di Bulu, Sebani,’’ ungkapnya.

Baca juga: Ilham Gagal Raih Medali

LAWAS: Mimbar di masjid Al Hikmah Balongrejo, Badas, Sumobito peninggalan lama.

LAWAS: Mimbar di masjid Al Hikmah Balongrejo, Badas, Sumobito peninggalan lama.

Ini karena Kiai Arief sering membangun masjid di kampung lain. ’’Kalau kampung lain membutuhkan, maka yang ada di sini diberikan kesana,’’ kenangnya.

Akhirnya, masyarakat kampung itu sangat menghormati Kiai Arief. Bahkan tiap tahun menghaulinya. ’’Kiai Arief wafat 1952,’’ terangnya. Dia dimakamkan di belakang Masjid Al Hikmah. Di situ juga ada makam keponakannya, Abdul Ghoni Farida yang ikut mendeklarasikan berdirinya IPNU pada 1954. ’’Makam Kiai Arief dan Abdul Ghoni Farida sering didatangi peziarah. Sehingga masjidnya ikut ramai,’’ paparnya.

Mayoritas peziarah yang datang untuk tabarukan khataman Alquran. ’’Karena Kiai Arief itu hafal Alquran. Pondok sini dulu spesialisasinya menghafalkan Alquran,’’ jelasnya. Walaupun sudah direnovasi total, ciri khas Masjid Al Hikmah masih terlihat. Yakni atap susun tiga. ’’Ini khasnya masjid Wali Songo. Susun tiga itu maknanya Islam, iman dan ihsan,’’ pungkas Taufiq.

(jo/jif/jif/JPR)

 TOP