alexametrics
Jumat, 23 Apr 2021
radarjombang
Home > Jombang Banget
icon featured
Jombang Banget

Metamorfosa Balai Wartawan hingga Graha Media

07 Maret 2021, 08: 25: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Graha Media Jombang dulu pada tahun 1974.

Graha Media Jombang dulu pada tahun 1974. (DOKUMENTASI BAGIAN HUMAS PEMKAB JOMBANG)

Share this      

JOMBANG - Di antara kompleks bangunan milik Pemkab Jombang di sepanjang Jl KH Wahid Hasyim, salah satu gedung yang hingga kini bertahan adalah Graha Media. Gedung ini, sejak dulu jadi saksi bisu perjalanan banyak wartawan beraktivitas.

Dari data yang didapat Jawa Pos Radar Jombang, Graha Media ini awalnya bernama Balai Wartawan. Gedung ini, diresmikan 9 Februari 1974. “Jadi dulu peresmiannya berbarengan dengan HUT PWI ke-28,” terang Budi Winarno Kepala Dinas Kominfo Jombang.

Berada di lahan milik Pemkab Jombang yang kini jadi aset milik Dinas Kominfo, bangunan gedung awalnya terlihat sangat sederhana. Pada foto hitam putih tahun 1974, gedung ini membujur dari arah timur ke barat.

Baca juga: Memimpin untuk Melayani

Graha Media Jombang kini.

Graha Media Jombang kini.

Bentuknya gedung kotak satu lantai dengan satu pintu dan dua jendela menghadap ke barat. Ada dua pintu dan empat jendela menghadap ke arah selatan. Di depan bangunan, terdapat pelakat bertuliskan Balai Wartawan. “Saat itu yang menempati gedung belum banyak, karena jumlah wartawan terbatas,” lanjutnya.

Bangunan Balai Wartawan akhirnya dirobohkan 2014. Kemudian dirombak total dua lantai yang bentuknya menyerupai kamera dengan bulatan besar mirip lensa, di bagian atas. “Bentuk lensa ini juga menyimbolkan siapa penghuninya, yakni teman-teman dari media yang akrab dengan kamera,” lontar Budi.

Nama balai wartawan tidak dipakai lagi setelah gedung direnovasi. Namanya berganti dengan Graha Media. Hingga kini, masih jadi tempat berkumpulnya sejumlah wartawan dan jurnalis baik cetak, online maupun televisi dari berbagai latar belakang dan organisasi.

(jo/riz/jif/JPR)

 TOP