alexametrics
Jumat, 23 Apr 2021
radarjombang
Home > Olahraga
icon featured
Olahraga

Parasut Rusak, Latihan Terbang Diliburkan

03 Maret 2021, 08: 25: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Cabor paralayang saat latihan bersama beberapa waktu lalu.

Cabor paralayang saat latihan bersama beberapa waktu lalu.

Share this      

JOMBANG - Kegiatan latihan terbang cabor paralayang terganggu. Itu setelah salah satu parasut rusak karena menabrak pohon saat dipakai latihan dua Minggu yang lalu. Kini pilot hanya latihan ground hendling dan latihan fisik saja.

”Terpaksa kita libur latihan terbang dulu, karena parasutnya terbatas,” ungkap Salikul Imam, ketua Paralayang Jombang.

Dia menerangkan, salah satu parasut yang biasanya dipakai untuk latihan rusak saat dipakai latihan 22 Februari lalu. Pilot yang menggunakannya menabrak pohon sehingga menyebabkan parasut rusak dan tak bisa dipakai sementara waktu. ”Alhamdulillah atletnya tidak apa-apa, hanya parasutnya saja yang rusak,” ungkap Imam.

Baca juga: Sejumlah Rumah Warga Terancam Ambles

Harga parasut yang rusak cukup mahal, yaitu 3.200 euro atau sekitar Rp 57 juta. ”Ini salah satu jenis parasut termurah, ada banyak jenis, harganya juga macam-macam, yang satunya lebih mahal lagi,” jelasnya.

Kerusakan terbilang cukup parah, parasut terkoyak tidak hanya sekedar robek biasa. ”Kalau robek biasa kita bisa perbaiki sendiri, ini terkoyak. Kita kirim ke dealernya di Malang, mudah-mudahan bisa diperbaiki. Kalau tidak bisa diperbaiki di dealer, harus dibawa ke pabriknya di Vietnam,” jelas Imam.

Jadwal latihan terbang yang biasanya dilakukan saat weekend kini digantikan dengan latihan ground handling dan latihan fisik saja. Sedangkan untuk latihan terbang harus digilir karena parasut yang bisa dipakai hanya satu.

Imam mengaku pasrah, atlet juga merasa kecewa. Namun ini bagian dari risiko minimnya peralatan terbang yang bisa dipakai. ”Otomatis jam terbang berkurang demi pemerataan jam terbang para atlet, karena kita juga mengejar lisensi tahun ini,” pungkasnya.

(jo/wen/jif/JPR)

 TOP