alexametrics
Jumat, 23 Apr 2021
radarjombang
Home > Jombang Banget
icon featured
Jombang Banget

Berburu Sambelan Iwak Kali

28 Februari 2021, 08: 20: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

MAKNYUS: Iwak kali ini disajikan dengan sambel tomat yang khas.

MAKNYUS: Iwak kali ini disajikan dengan sambel tomat yang khas. (ACHMAD RW/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG punya banyak banyak warung yang menyediakan kudapan khas ikan sungai atau biasa disebut iwak kali, khususnya Sungai Brantas. Salah satunya, dapat ditemukan di Dusun Klaci, Desa Brodot, Kecamatan Bandarkedungmulyo.

Warung iwak kali ini lokasinya memang cukup tersembunyi. Berada di samping rerimbunan bambu tak jauh dari checkdam Sungai Brantas Klaci. Warung ini juga menghadap tepat tanggul Sungai Brantas. “Ya, warung ndeso, jadi ya begini kondisinya, tersembunyi,” terang Sutrisno, 51, pemilik warung.

Ia menyebut, warung sudah buka selama lebih dari lima tahun. Namun baru empat tahun belakangan, fokus menyajikan ikan Sungai Brantas sebagai menu utama. Mulai rengkik, jendil, bader hingga wader. Setiap hari selalu tersedia. Bahkan jika beruntung, pembeli yang datang bisa juga memesan ikan air tawar seperti belut dan gurami.

Baca juga: Alim Ketua MKKS SMPN Jombang

“Kalau ikan tergantung stok, karena dari setoran pencari ikan, khususnya ikan brantas,” lanjutnya. Di warung ini, ikan air tawar disajikan dengan sambal. Lembutnya ulekan terasi, cabai, bawang merah dan putih, serta tomat dengan sensasi pedas, membuat rasa gurih makin ciamik di lidah.

“Tidak ada sambal macam-macam, kalau di sini ya sambal tomat saja. Cuma pedasnya bisa diatur, terserah yang pesan,” lontar dia. Untuk harga, Tris, sapaan akrabnya, sangat terjangkau. Mulai Rp 10 ribu hingga Rp 30 ribu. “Harga tergantung jebis ikan dan besarnya,” pungkasnya.

(jo/riz/jif/JPR)

 TOP