alexametrics
Selasa, 09 Mar 2021
radarjombang
Home > Hukum
icon featured
Hukum

Ruko Kesamben Belum Terdata

23 Februari 2021, 08: 10: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Kondisi Proyek ruko pembangunan di Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro.

Kondisi Proyek ruko pembangunan di Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro.

Share this      

JOMBANG – Pembangunan ruko (rumah toko) di Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, ternyata belum mengantongi izin. Selain menjadi rasan-rasan warga karena mempersempit saluran air, ruko ini tak terdata di DPMPTSP Jombang.

”Setelah kami cek, untuk data masih belum ada,” ujar Ilham Hero Koentjoro Kepala DPMPTSP Jombang, kemarin (22/2). Hanya saja, pihaknya masih belum bisa memastikan apakah pembangunan ruko itu sudah mengantongi izin atau sebaliknya. ”Kita harus cek ke lapangan dulu untuk memastikan izinnya,” katanya.

Terkait dengan pengerjaan ruko yang justru mempersempit saluran air, Ilham menyebut tidak boleh sehingga harus segera dilakukan perbaikan. ”Kalau bisa ya diperbaiki, jangan malah dirusak seperti itu,” imbuhnya.

Bila dianalisis secara logika, lanjut dia, pembangunan ruko yang mempunyai izin, dipastikan tidak akan merusak fasilitas lain. Termasuk mempersempit saluran air, karena sudah ada rekomendasi dari dinas terkait.

”Pembangunan itu ada rekomendasi biasanya. Kalau di atas saluran air seperti apa. Ada rekomnya,” terang Ilham. Untuk itu, pembangunan ruko tetap harus mempunyai izin lengkap. Jangan sampai melakukan pembangunan dulu sebelum menyelesaikan pengurusan izin.

”Kalau tidak sesuai dengan rekomendasinya kan malah salah. Makanya izin harus dilengkapi dulu,” tegasnya lagi. Untuk itu pihaknya akan segera meninjau ke lokasi untuk melihat kondisi yang sebenarnya. ”Tentu kita akan hentikan apabila memang pembangunannya tidak berizin,” pungkasnya.

(jo/yan/jif/JPR)

 TOP