alexametrics
Selasa, 09 Mar 2021
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Tenda Dibiarkan Berdiri

Pengungsi Tanggul Brantas

22 Februari 2021, 17: 48: 55 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Kondisi Pengungsi di tanggul Sungai Brantas.

Kondisi Pengungsi di tanggul Sungai Brantas. (AINUL HAFIDZ/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG - Pengungsi di tanggul Sungai Brantas berangsur-angsur meninggalkan tempat pengungsian. Mengingat banjir yang menggenangi permukiman warga sudah surut. banjir di Desa/Kecamatan Bandarkedungmulyo. Namun, tenda masih tetap dibiarkan berdiri.

Pantauan di lokasi Minggu (21/2) kemarin menyebutkan, puluhan tenda masih berdiri di atas tanggul. Sama persis di hari sebelumnya, sejumlah ternak pengungsi berada di dekat tenda.

Tak sedikit, tenda tanpa penghuni. Hanya beberapa barang berada di dalam tenda. Beberapa di antaranya dipergunakan untuk ternak warga. Usman salah satu warga menuturkan, sebagian warga sudah kembali ke rumah masing-masing. ’’Sudah ada yang balik, soalnya banjir sudah surut,’’ kata dia sore kemarin.

Meski kembali ke rumah lanjut dia, tenda sengaja tidak dibongkar. Menurutnya, langkah itu sebagai antisipasi seandainya ada banjir susulan. ’’Tanggulnya kan belum ditutup semua, nanti kalau banjir lagi tidak buat tenda. Tinggal nempati saja,’’ imbuh dia.

Selain itu masih menurut Usman, sebagian warga lainnya tetap memilih menghuni tenda. Selain dipakai untuk menjaga ternak, juga masih belum tenang. ’’Deret sebelah sini masih banyak ternaknya ditaruh tanggul. Soalnya di rumah hanya bersih-bersih, jadi malam balik lagi,’’ pungkas Usman.

Zainam banyaknya pengungsi di tanggul sungai Brantas kembali ke rumah. ’’Pengungsi sudah kembali ke rumah masing-masing,’’ kata Zainal.

Masih adanya tenda di atas tanggul menurut Zainal, dipergunakan untuk menjaga ternak warga. ’’Jadi tenda itu dipakai untuk jaga ternak saja, karena air kan belum surut total. Yang di kebon dan pekaran masih ada, sehingga ternaknya ditaruh di tangkis dahulu,’’ pungkas Zainal.

(jo/fid/jif/JPR)

 TOP