alexametrics
Sabtu, 06 Mar 2021
radarjombang
Home > Olahraga
icon featured
Olahraga

Berharap Ada Popda Jatim

22 Februari 2021, 17: 28: 52 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Atlet wushu saat berlatih beberapa waktu lalu.

Atlet wushu saat berlatih beberapa waktu lalu.

Share this      

JOMBANG – Wushu Indonesia (WI) Jawa Timur memiliki ketua baru yang terpilih pada Musprov 16 Februari lalu. Pengurus WI Jombang berharap kepengurusan baru nantinya bisa menghidupkan kegiatan wushu di tingkat provinsi dan terprogram sesuai arahan dari PBWI.

”Kami ingin, kejuaraan-kejuaraan tingkat Jatim yang diadakan pengprov bisa konsisten, berkelanjutan sesuai dengan program PBWI,” Imam Taufiq, Ketua Harian Wushu Indonesia Jombang.

Soedomo Mergonoto terpilih dalam Musprov WI Jatim 16 Februari lalu. Dia menggantikan Ketua Umum WI Jatim periode sebelumnya Lukman Ladjoni. Imam menilai selama ini kegiatan wushu di tingkat provinsi masih belum maksimal. Salah satunya tidak ada pekan olahraga pelajar (Popda) wushu di Jatim. Padahal sudah banyak sekolah yang mengembangkan olahraga wushu.

Di Jombang sendiri sedikitnya ada 14 klub yang berbasis di sekolah-sekolah. Di antaranya adalah MAN 7 dan 8 Jombang, MTs Bahrul Ulum, Al Hikam Diwek, Al Misykat Diwek, SD Plus Darul Ulum, SMK Tarbiyatun Nasyiin, SMP/SMK Pancasila, SMAN Bareng, MASS Tebuireng, SMK Khoiriyah Diwek, Unhasy, dan PP Al Muhibbin.

”Kami ingin bisa ikut Popda, karena Jombang sudah memiliki banyak klub yang berada di sekolah-sekolah. Sejauh ini yang ada Popda wushu hanya ada di Jawa Barat, di Jawa Timur masih belum ada,” jelasnya.

Bahkan Imam menyatakan siap jika Jombang menjadi tuan rumah Popda Jatim untuk yang pertama. Segala fasilitas dan sarana prasarana juga akan disiapkan semaksimal mungkin.

Selain wushu, kegiatan lain setingkat provinsi seperti kejurprov yang biasanya diadakan setiap tahun juga belum maksimal. Rata-rata kejuaraan yang mempertandingkan atlet wushu tingkat provinsi diadakan di daerah-daerah dan sifatnya terbuka. ”Selama ini ya usulan teman-teman di daerah untuk kejuaraan tingkat provinsi begitu, saya berharap, pembinaan wushu ke daerah-daerah bisa merata,” pungkasnya.

(jo/wen/jif/JPR)

 TOP