alexametrics
Minggu, 28 Feb 2021
radarjombang
Home > Jombang Banget
icon featured
Jombang Banget
Melihat Pembuatan Sabit di Pandai Besi

Musim Tanam Pesanan Ramai

22 Februari 2021, 17: 27: 03 WIB | editor : Rojiful Mamduh

MANUAL: Sejumlah perajin dI Dusun Doro, Desa Karangdagangan, pandai besi tengah menyelesikan produk alat pertanian.

MANUAL: Sejumlah perajin dI Dusun Doro, Desa Karangdagangan, pandai besi tengah menyelesikan produk alat pertanian. (ACHMAD RW/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG - Pandai besi milik Aminin, memang tak hanya mengerjakan produk sabit saja. Ia menyebut, hampir seluruh alat pertanian bisa dibuatnya. ”Ya mulai cangkul, sabit, golok, pisau dan alat lainnya bisa sebenarnya, jadi tergantung pesanan saja,” ungkap Aminin.

Namun, ia mengaku selama ini pesanan yang lebih banyak datang memang sabit. Alat ini, cenderung lebih mudah dijual dan pasarnya lebih gampang daripada alat lainnya. ”Lebih banyak yang butuh kayaknya kalau sabit, apalagi untuk pertanian,” lanjutnya.

Namun, karena yang dibuatnya adalah alat tani, produksinya pun bergantung pada musim tanam dan panen. Ya, Aminin mengaku akan memproduksi alat pertanian lebih banyak menjelang musim tanam ataupun musim panen. ”Kalau lagi musim bisa setiap hari produksinya, karena permintaan kan banyak,” imbuhnya.

Namun, ketika sedang tak musim keduanya, bengkel pandai besinya pun terpaksa harus mengurangi aktivitas. Penurunannya, juga bisa sangat drastis. ”Kalau sedang tidak musim, pesanan sedikit ya seminggu dua sampai tiga kali saja kerjanya,” pungkasnya.

(jo/riz/jif/JPR)

 TOP
Artikel Lainya