alexametrics
Minggu, 28 Feb 2021
radarjombang
Home > Jombang Banget
icon featured
Jombang Banget

Menikmati Aneka Olahan Gurami

21 Februari 2021, 07: 05: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

KREATIF: Esti Fortuna saat di warung miliknya.

KREATIF: Esti Fortuna saat di warung miliknya. (ACHMAD RW/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG - Ikan gurami, salah satu olahan yang banyak dikreasikan. Di tangan kreatif Esti Fortuna, 21, salah satu mahasiswa asal Dusun Caruk Kulon, Desa Jabon, Kecamatan/Kabupaten Jombang, aneka olahan gurami nikmat dan kaya selera.

Menempati rumah sederhana yang disulap menjadi dapur, ia terlihat sibuk dengan anglo dan kipas tangan di depannya. Di atas anglo, bara api menyala, dan ikan gurami berada di atasnya. “Di sini ikonnya olahan gurami, bisa dibakar bisa juga digoreng atau bumbu kuning,” terang pemilik usaha makanan online ini kepada koran ini.

Ia menyebut, setahun terakhir menekuni bisnis ikan air tawar yang rasanya gurih ini. Bermula dari proyek kampus, kemudian diteruskannya hingga menjadi bisnis cukup menjanjikan. Di warung sederhana miliknya ini, ikan gurami bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan lezat.

“Tergantung pesanan, mau dibakar dengan bumbu madu, bumbu merah atau bahkan bumbu kare. Kalau digoreng biasanya jenis gurami krispi, bumbu kuning juga bisa,” lanjutnya.

Semua olahan gurami, juga ia olah dan buat sendiri bersama kakak-kakaknya. Maklum, bisnis ini memang dijalankannya bersama keluarga. Esti juga menyebut, seluruh bumbu juga hasil racikan sendiri dan dibuat hari itu juga. “Jadi kita jamin fresh semua, hari ini dibuat, hari ini dijual, kunci enaknya ini,” lanjut Esti yang juga anggota FIKMJ ini.

Kendati demikian, mahasiswa tingkat akhir ini mengaku tak punya warung untuk melayani pelanggan yang ingin makan di tempat. Seluruh olahan gurami itu dijual lewat online. “Jadi bisa pesan di media sosial, facebook atau Instagram, di beberapa aplikasi pesan antar online juga sudah ada kok,” tambahnya.

Setiap hari, ia mampu menjual hingga puluhan posri gurami dengan berbagai macam bumbu olahan. Harga yang ditawarkannya juga cukup ramah di kantong. “Paling murah Rp 25 ribu untuk ukuran 300 gram, kalau untuk 500-600 gram, biasanya Rp 35 ribu,” pungkas dia.

(jo/riz/jif/JPR)

 TOP
Artikel Lainya