alexametrics
Selasa, 09 Mar 2021
radarjombang
Home > Olahraga
icon featured
Olahraga

Besok Berangkat Tryout ke Malang

Tarung Derajat Persiapan Porprov 2022

20 Februari 2021, 08: 30: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

SEMANGAT: Sejumlah atlet tarung derajat saat berlatih.

SEMANGAT: Sejumlah atlet tarung derajat saat berlatih.

Share this      

JOMBANG – Besok (21/2) atlet tarung derajat yang diproyeksikan untuk ikut porprov 2022 akan menjalani tryout di Malang. Kegiatan itu untuk mengevaluasi hasil latihan petarung selama beberapa bulan terakhir.

”Kita ke Malang, karena di sana siap untuk menerima tamu dari Jombang,” ungkap Samsu, pelatih Tarung Derajat Jombang.

Tidak hanya atlet yang dikirimkan ke porprov saja, atlet usia dini juga ikut berangkat. Di antaranya adalah Azzam, Onel, Brian, Juan, Rangga, Yuke, Fara, Caca, Rifki. Dan atlet remaja di antaranya Rindu, Tyas, Khanza, Nur, Bayu. ”Total ada 14 atlet yang berangkat,” bebernya.

Kegiatan uji tanding dinilai penting untuk menambah pengalaman sekaligus melihat seberapa siap atlet dalam menghadapi lawan. Sekaligus melatih mental dalam menghadapi lawan yang baru dikenal. ”Tambah teman juga, biar mentalnya teruji,” tambah Samsu.

Menurut Samsu, waktu satu tahun untuk mempersiapkan porprov bukan waktu yang panjang. Atlet harus kejar target dengan cara menganalisa kemajuan latihan. Pasalnya target tarung derajat di Porprov 2022 nanti adalah medali emas.

”Kita targernya medali emas, makanya kita siapkan jauh-jauh hari sejak 2020. Sekarang waktunya tinggal satu tahun, jadi tidak  bisa santai-santai,” ungkapnya.

Selain memperbanyak uji tanding dengan luar daerah, latihan juga digembleng lima kali dalam sepekan. ”Latihan rutin  Senin sampai Jumat. Sabtu dan Minggu libur untuk istirahat,” imbuhnya.

Program latihan untuk tahun ini lebih condong pada taktik dan penguasaan teknik. Ketenangan dalam bertarung, serta kecepatan pukulan. Pada Porprov 2019 lalu, tarung derajat mendapatkan dua medali perunggu dari dua petarung putri. PR tahun depan cukup berat, minimal mempertahankan prestasi sebelumnya. ”Kalau bisa kita meningkat, karena delapan atlet yang kita siapkan unggul semua, mudah-mudahan sesuai target,” pungkasnya.

(jo/wen/jif/JPR)

 TOP