alexametrics
Minggu, 28 Feb 2021
radarjombang
Home > Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan

Dinas P dan K Jombang Gelar Workshop ke Lembaga Kesetaraan se-Jombang

Wujudkan Pendidikan Berkualitas

19 Februari 2021, 08: 05: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Peserta mengikuti pelatihan di Aula 1 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jombang kemarin.

Peserta mengikuti pelatihan di Aula 1 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jombang kemarin.

Share this      

JOMBANG - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Jombang menggelar workshop kepada pamong belajar yang mengajar di lembaga kesetaraan, mulai Senin (15/2) hingga Kamis kemarin (18/2). Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Jombang.

Kepala Dinas P dan K Jombang Agus Purnomo menyampaikan, workshop ini diberikan ke pamong belajar terkait penyusunan soal ujian sekolah HOTS (Higher Order Thinking Skill) untuk kesetaraan paket A, B,C di Kabupaten Jombang. ”Tujuannya membekali pamong belajar untuk menyusun soal ujian sekolah berbasis ketrampilan berfikir kritis atau HOTS,’’ ujarnya.

Kegiatan ini sesuai Surat Edaran Mendikbud No 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). ”Tindaklanjutnya, pamong belajar dapat menyusun soal HOTS sesuai SE Kemendikbud,’’ tambah dia.

Hal senada disampaikan Jumadi Sekretaris Dinas P dan K Jombang. Dia menyampaikan, tenaga pendidik termasuk pamong belajar harus terus berinovasi dalam memberikan soal ujian. ”Pendidikan terus berkembang, sehingga diperlukan inovasi supaya dapat mencapai tujuan yang diharapkan,’’ tambahnya lagi.

Dia menyebut, workshop penyusunan soal  ujian sekolah HOTS ini diharapkan dapat mengembangkan potensi peserta didik di Kabupaten Jombang. ”Dapat meningkatkan keterampilan guru dalam menyusun soal HOTS,’’ pungkas dia.

(jo/ang/jif/JPR)

 TOP
Artikel Lainya