alexametrics
Minggu, 28 Feb 2021
radarjombang
Home > Jombang Banget
icon featured
Jombang Banget

Sempat Jualan Keliling

Pembuat Kerupuk Rambak Sambirejo

15 Februari 2021, 17: 16: 19 WIB | editor : Rojiful Mamduh

GURIH: Proses penjemuran krecek rambah mengandalkan panas matahari. Irisan kerecek rambak dibuat ke bentuk persegi panjang.

GURIH: Proses penjemuran krecek rambah mengandalkan panas matahari. Irisan kerecek rambak dibuat ke bentuk persegi panjang.

Share this      

JOMBANG - Mengawali usahanya, Ulaifah menyebut semuanya tidak mudah. Selain harus mengerjakan seluruh pekerjaan sendiri, ia juga harus memasarkan produknya sendiri dengan berjualan berkeliling.

Ulifah, mulai menekuni usaha pembuatan kerupuk rambah tanpa kulit pada 2008. Ia mulai bisnis ini setelah salah satu keluarganya memilih berhenti dari usaha kerupuk. ”Jadi alat produksi semua ini punya saudara, waktu dia tutup, alatnya saya beli, terus saya gantikan usaha kerupuk ini,” ungkapnya.

Diawal dia merintis usaha, ia menyebut seluruh pekerjaan harus dilakukan sendiri. Produknya pun tidak sebanyak sekarang. ”Awalnya kecil, tak sampai hanya menghabiskan beberapa kilo. Ya namanya memulai kan tidak bisa langsung banyak produksinya ya,” lanjutnya.

Begitupun dengan penjualan, ia masih ingat saat awal merintis usaha, ia harus turun sendiri memasarkan produknya dengan berjualan keliling selain juga untuk mencari pelanggan. ”Ya caranya keliling dulu, sambil mencari pelanggan,” sebutnya.

Hampir seluruh wilayah di Jombang sempat jadi sasaran pasarnya untuk mengedarkan kerupuk buatannya. Upaya ini, berlangsung hingga lebih dari dua tahun lamanya. ”Paling jauh dulu sampai Gresik, sampai Lamongan juga kelilingnya,” tambah Ulifah.

Namun berkat itu, ia kini tak lagi harus susah payah berkeliling. Setelah kerupuknya makin dikenal, para tengkulak mulai datang sendiri ke rumahnya untuk memesan kerupuknya. ”Kalau sekarang sudah tidak perlu keliling lagi, pembeli sudah pada datang sendiri, ada yang tengkulak, ada juga yang pembeli rumahan,” pungkasnya.

(jo/yan/jif/JPR)

 TOP
Artikel Lainya