alexametrics
Minggu, 17 Jan 2021
radarjombang
Home > Peristiwa
icon featured
Peristiwa

Warga Keluhkan Jalan Kubangan dan Berharap Segera Diperbaiki

14 Januari 2021, 18: 29: 58 WIB | editor : Rojiful Mamduh

BIKIN CELAKA: Jalan aspal berlubang ini kalau hujan menjadi kubangan penuh air.

BIKIN CELAKA: Jalan aspal berlubang ini kalau hujan menjadi kubangan penuh air. (AZMY ENDIYANA Z/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG - Kondisi jalan kabupaten yang penuh lubang dan bergelombang juga terlihat di Jl Raya Bareng. Setelah diguyur hujan, kondisi jalan yang rusak itu laiknya kubangan menganga. 

"Jalan ini hampir setiap tahun rusak," ujar Mariatin, salah seorang warga sekitar. Meski setiap tahun mengalami kerusakan, menurutnya jalan tersebut sering mendapat perbaikan. Hanya saja, perbaikan yang dilakukan ala kadarnya dengan melakukan tambal sulam. Sehingga kualitas jalan tidak bisa bertahan lama.

"Biasanya habis diperbaiki selang beberapa bulan sudah rusak lagi," ungkapnya. Seharusnya, lanjut dia, perbaikan jalan dilakukan serius. Semisal mengganti dengan rigit beton lantaran kondisi tanah bergerak, sehingga kualitas jalan bisa awet, tidak seperti perbaikan tambal sulam.

Terlebih lagi, lubang jalan yang sangat lebar tentu sangat membahayakan bagi pengguna jalan. Sebab, dalam kondisi  hujan, jalan berlubang yang tertutup air itu tidak terlihat kedalamannya. "Sudah sering pengguna jalan yang melintas terjatuh," tambah dia.

Untuk itu, diharapkan pemerintah melakukan perbaikan jalan dengan serius. Kualitasnya lebih ditingkatkan sehingga jalan rusak setiap tahun tidak terjadi lagi. "Jalan ini ramai orang mau ke Mojokerto-Surabaya," tambah Agung, warga lain.  Menurutnya, kerusakan jalan juga dipengaruhi lalulalang truk bermuatan melebih tonase.

Selain memuat pasir, tak sedikit yang membawa batu dan bahan material. Akibatnya, dia yang setiap hari melintas pulang pergi kerja, harus merasakan kubangan dimana-mana. "Banyak truk besar lewat sini, jadi ya gak bisa bertahan lama," pungkasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Miftahul Ulum Kepala Dinas PUPR  Jombang, masih fokus melakukan perbaikan pada jalan-jalan berlubang. Khusus jalan di Kecamatan Bareng, ke depan akan dilakukan peningkatan kualitas jalan. ”Tahun ini sudah dianggarkan melaui APBD, murni peningkatan jalan,” pungkasnya.

(jo/yan/jif/JPR)

 TOP
Artikel Lainya