alexametrics
Jumat, 22 Jan 2021
radarjombang
Home > Events
icon featured
Events

Lomba Tingkatkan Kompetensi Siswa RA

13 Januari 2021, 07: 20: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Plh Kasubag TU Kemenag Jombang, Ilham Rohim

Plh Kasubag TU Kemenag Jombang, Ilham Rohim

Share this      

JOMBANG – Kemenag Jombang mendukung penuh penyelenggaraan lomba mewarnai dan mengarsir dari rumah yang digelar Jawa Pos Radar Jombang bersama Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA), 16 Januari nanti. Karena lomba memiliki banyak manfaat.

’’Lomba ini meningkatkan kompetensi dan keilmuan siswa sehingga kelak bisa menjadi orang yang berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara,’’ kata Plh Kasubag TU Kemenag Jombang, Ilham Rohim, kemarin.

Adanya lomba sekaligus menunjukkan perhatian Jawa Pos Radar Jombang, IGRA dan Kemenag kepada para siswa yang sedang menjalani pembelajaran dari rumah. ’’Perhatian ini penting agar anak punya semangat belajar,’’ ucapnya.

Lomba yang divideo menurutnya juga pas. ’’Ini melatih anak melek teknologi sehingga sangat bermanfaat bagi masa depannya kelak,’’ ucapnya.

Lomba juga sesuai dengan tema Hari Amal Bakti Kemenag ke-75 tahun 2021; Indonesia rukun. ’’Mewarnai dan mengarsir siswa bersama orang tua ini mengajarkan kerukunan. Kalau sudah rukun di rumah, pasti rukun di kantor, lingkungan, daerah bahkan bangsa dan negara,’’ urainya.

Dalam berdakwah pun menurutnya harus mengedepankan kerukunan. ’’Karena itu dakwah harus mengajak, bukan mengejek,’’ ucapnya. Sebab dengan rukun, Allah SWT akan menurunkan rahmat. Kerukunan juga akan membuka pintu rezeki. ’’Keluarga yang rukun, pasti rezekinya lebih banyak dan berkah,’’ terangnya.

Dia lantas cerita Nabi Musa. Suatu ketika umatnya mengalami kekeringan. Setelah salat istisqo minta hujan beberapa kali, tetap tidak turun hujan. Akhirnya Allah menyuruh umat-Nya kumpul di lapangan untuk bermaaf-maafkan. ’’Setelah umat Nabi Musa rukun, langsung turun hujan,’’ kisahnya.

Ketua Panitia lomba, Sulton Arif, menjelaskan, lomba dibagi menjadi dua kategori. Mewarnai untuk siswa RA kelompok A, dan mengarsir untuk siswa RA kelompok B. Masing-masing kategori akan diambil tujuh juara. Mulai juara pertama hingga harapan ketiga plus juara favorit.

’’Semua video peserta akan kita tampilkan di channelYoutube Jawa Pos Radar Jombang,’’ ucapnya. Makanya peserta diminta mengirim video berdurasi maksimal dua menit. ’’Cara mengambil videonya harus dengan posisi handphone melebar,’’ bebernya.

Di bagian awal video, peserta menyebutkan nama, kelompok A atau B dan asal lembaga RA. Di bagian akhir video, peserta memegang hasil karyanya untuk di close up. ’’Video dikirim ke WA: 0321-875137,’’ jelasnya.

Kegiatan lomba ini juga didukung Bank Jatim Cabang Jombang. PT Indomarco Prismatama (Indomaret) Cabang Jombang dan Keraton BBJ Jombang.

(jo/jif/jif/JPR)

 TOP