alexametrics
Jumat, 22 Jan 2021
radarjombang
Home > Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan

Uang Harian Perjalanan Dinas Bagi Aparatur Sipil Negara Juga Berkurang

13 Januari 2021, 08: 30: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

M Nasrulloh Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jombang

M Nasrulloh Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jombang

Share this      

JOMBANG -  M Nasrulloh Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jombang, membenarkan bila tahun ini ada pengurangan uang harian bagi aparatur sipil negara (ASN) ASN yang melakukan perjalanan dinas. 

’’Memang benar, sesuai Perpres 33/2020. Jadi ada standar baru secara nasional sama,’’ katanya dikonfirmasi Jawa Pos Radar Jombang, Selasa kemarin (12/1). Dijelaskan, pemangkasan hanya pada uang harian perjalanan dinas. ’’Untuk biaya transportasi dan penginapan itu at cost. Hanya uang hariannya,’’ imbuh dia.

Sayang, Nasrulloh belum bisa menyebut berapa persen pemangkasan uang harian tersebut. Peraturan tersebut berlaku bagi semua ASN. ’’Belum bisa melihat berapa karena membandingkan dan mengolah angka. Nggak bisa diperkirakan karena berkaitan angka. Jadi harus dikalikan sekian persen baru ketemu. Mungkin tinggal seperempat atau seperlima dari tahun sebelumnya,’’ ungkapnya.

Disampaikan, untuk besaran uang harian sudah diatur dalam Perpres tersebut. Mulai dari pimpinan hingga pejabat di bawahnya. ’’Jadi pembagiannya hampir sama, misal pimpinan sekian itu sudah ada. Istilahnya standar satuan harga. Perjalanan Jombang ke Jakarta misalnya ini berapa, atau sebaliknya sudah ada,’’ beber Nasrulloh.

Begitu juga perjalanan dinas untuk kalangan legislatif juga sama. Tahun ini ada pemangkasan cukup besar. ’’Jadi semua sama, di DPRD juga sama. Saya tidak tahu karena efek apa, yang jelas ada perpres baru dan sebagai dasar kita,’’ pungkasnya.

(jo/fid/jif/JPR)

 TOP