alexametrics
Jumat, 22 Jan 2021
radarjombang
Home > Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan

Tunggu Keputusan Bupati Terkait Pengalihan Gedung Dinkes Belum Jelas

13 Januari 2021, 08: 05: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

dr Pudji Umbaran, Direktur RSUD Jombang

dr Pudji Umbaran, Direktur RSUD Jombang

Share this      

JOMBANG – Rencana Pemkab Jombang mempersiapkan ruang tambahan pelayanan pasien Covid-19, masih jalan ditempat alias belum jelas. Hingga kemarin (11/1), rencana pengalihan gedung Dinkes untuk tambahan ruang pelayanan RSUD Jombang masih belum ada perkembangan.  

Direktur RSUD Jombang dr Pudji Umbaran, menyampaikan rencana ruang tambahan masih terus dikaji. ”Masih terus kita kaji, dan sampai sekarang belum ada perkembangan,’’ ujarnya kepada Jawa Pos Radar Jombang, kemarin.

Pihaknya juga masih menunggu keputusan dari Bupati Jombang. Jika dalam waktu dekat gedung Dinkes sudah diserahkan untuk penambahan pelayanan, maka pihaknya akan segera menindaklanjuti. ”Artinya jika sudah klir, Dinkes pindah ke Stikes dan Stikes pindah ke kantor utama di Pandanwangi, maka kita secepatnya akan action,’’ jelas dia.

Selain menunggu keputusan bupati, Pudji juga masih memikirkan terkait rencana pemanfaatan gedung Dinkes. Menurutnya, gedung Dinkes jika sudah diberikan, maka tidak digunakan untuk ruang tambahan pelayanan Covid-19.

Melainkan ruang pelayanan pasien umum. ”Setelah kami pertimbangkan, termasuk memikirkan zonasi. Ruang pelayanan Covid-19 harus tersentral mulai IGD, ruang isolasi dan laboratorium pengujian sample. Ada alur sendiri jadi tidak boleh terpisah,’’ tambahnya.

Sehingga, ruang pelayanan Covid-19 nanti akan ditambahkan di ruang lain yang ada di gedung RSUD Jombang. ”Pada intinya kita perlu tata ulang. Gedung Dinkes kita pakai perkantoran atau instalasi gizi, kemudian ruang kosong yang ada di RSUD kita alihkan untuk pelayanan pasien Covid-19,’’ tegas Pudji.

Sebelumnya, Sekda Akhmad Jazuli menyebut pemkab melakukan langkah antisipasi lonjakan kasus Covid-19, yang salah satunya mematangkan rencana pemanfaatan gedung Dinas kesehatan.

Pembahasan ini terkait penambahan ruang pelayanan RSUD Jombang. Namun langkah tersebut masih dalam kajian. Untuk melihat lebih efektif yang mana, apakah melalui rumah sakit darurat atau pengembangan rumah sakit.

(jo/ang/jif/JPR)

 TOP