alexametrics
Senin, 18 Jan 2021
radarjombang
Home > Olahraga
icon featured
Olahraga

Aeromodeling Masih Vakum Latihan

12 Januari 2021, 08: 10: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Atlet aeromodeling belajar merakit pesawat di kelas.

Atlet aeromodeling belajar merakit pesawat di kelas.

Share this      

JOMBANG – Kegiatan atlet aeromodeling nyaris vakum. Itu setelah latihan terbang ditiadakan sejak November 2020 lalu. Kegiatan hanya diisi dengan perawatan dan pembuatan pesawat yang diikuti aeromodeller dengan jumlah terbatas.

”Kita sudah tidak latihan lagi sejak November sampai sekarang, karena kita patuhi imbauan dari pemerintah, jadi kegiatan atlet kami kurangi,” ungkap Ari Tuntun Wibowo, pelatih aeromodeling Jombang.

Aeromodeller mengisi waktunya dengan memperbaiki dan mengatur pesawat. Namun tidak semua anggota klub dilibatkan dalam kegiatan itu guna menghindari kerumunan.

Di antara klub aeromodeling yang ikut dalam kegiatan yakni SMK Al Ihsani Kesamben, Klub Jatiwates Tembelang, Talunkidul 2 Sumobito, dan Bedahlawak Tembelang. ”Klub yang lain saya kurang tahu,” ungkap Tuntun.

Pelatih dan aeromodeller lebih banyak riset pesawat dengan model baru. Kemudian dibuat dan dirakit sendiri. Sekaligus mengajarkan perakitan pesawat pada atlet. Tidak hanya itu, pesawat yang sudah ada dan tidak layak untuk terbang diperbaiki lagi.

Sayangnya, pesawat-pesawat yang berhasil dirakit belum sempat untuk diterbangkan. Karena cuaca yang belakangan ini tidak  mendukung.

Pesawat tidak cocok diterbangkan saat mendung, gerimis atau hujan. Angin juga menjadi pertimbangan aeromodeller untuk menerbangkan pesawatnya. ”Belum sempat mencoba karena cuacanya akhir-akhir ini mendung terus,” pungkas Tuntun.

(jo/wen/jif/JPR)

 TOP
Artikel Lainya